ADVERTISEMENT

Operator Baru Bandara Halim Klarifikasi Bukan Anak Usaha Lion Air

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 19:25 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma kembali melayani penerbangan komersial mulai September 2022. Informasi ini dikonfirmasi langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi setelah melakukan uji coba runaway di Bandara Halim Perdanakusuma.
Bandara Halim Perdanakusuma/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Bandara Halim Perdanakusuma kini dikelola operator baru, tepatnya PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS). Kabarnya, perusahaan ini terhubung menjadi anak usaha Lion Air Group.

Namun belakangan Lion Air Group menyatakan PT ATS ternyata bukan lagi bagian dari perusahaannya. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan PT ATS bukan lagi bagian Lion Air sejak Desember 2020.

"Lion Air menyatakan PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) tidak lagi menjadi bagian dari Lion Air Group sejak Desember 2020. Untuk itu, Lion Air Group menegaskan bahwa Lion Air Group tidak terlibat atau tidak ada hubungan tidak terkait dalam pengelolaan bandar udara dimaksud," kata Danang dalam keterangannya, Jumat (22/7/2022).

Kabar terakhir, ternyata PT ATS kini merupakan bagian dari Whitesky Group yang dipimpin oleh Denon Prawiraatmadja. Denon menyatakan PT ATS merupakan bagian dari PT Whitesky Airport Asia.

"Seperti yang diketahui bahwa PT. ATS ini adalah anak perusahaan PT Whitesky Airport Asia, yang merupakan milik Whitesky Group yang dipimpin oleh Denon Prawiraatmadja," tulis keterangan Whitesky Group.

Saat ini pemegang konsesi Bandara Halim Perdanakusuma adalah PT Angkasa Transportindo Selaras atau ATS. Penguasaan aset BMN seluas 21 ha milik TNI-AU adalah PT ATS berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) nomer 527/PK/PDT/2015.

Saat ini masih berjalan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, fokus pengerjaannya adalah melakukan perampungan pengerjaan landasan atau runway. Selain itu, PT. ATS juga sedang mempersiapkan proses pengembangan dalam pembangunan Terminal di Bandara Halim Perdanakusuma.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT