ADVERTISEMENT

Perusahaan Pendiri Facebook Kucurkan Rp 3,75 T Bantu Startup di Asia

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 23 Jul 2022 15:06 WIB
Eduardo Saverin
Foto: Dok. Forbes: Eduardo Saverin
Jakarta -

Salah satu perusahaan investasi global B Capital Group mengumpulkan pendanaan US$ 250 juta atau Rp 3,75 triliun (kurs Rp 15.000) dari investor luar untuk pendanaan modal ventura tahap awal.

B Capital Group dipimpin oleh salah satu pendiri Facebook Eduardo Saverin, investor legendaris Howard Morgan dan mantan eksekutif Bain Capital Raj Ganguly.

Mendapat julukan Ascent Fund II, dana tersebut ditujukan untuk investasi tahap awal melalui putaran Seri A. Fokusnya menyasar startup Asia dan Amerika Serikat (AS).

Mengutip Forbes, Sabtu (23/7/2022), tim Ascent Fund II membuka peluang bagi startup yang mampu berinovasi di sektor kesehatan digital, software, fintech, logistik dan industri berkembang lainnya.

Tim ini didirikan oleh Chair and General Partner Howard Morgan, Firm Co-Founder and Managing Partner Eduardo Saverin, General Partners Gabe Greenbaum dan Karen Page, serta Partner Karan Mohla.

"Empat puluh tahun berinvestasi telah mengajari saya bahwa pendiri perusahaan tahap awal punya pandangan terbaik mengenai arah pasar," kata Morgan dalam sebuah pernyataannya.

Di bulan April, B Capital Group merekrut Elizabeth Wahab dalam peran baru sebagai chief operating officer global dan Cecilia Kwan sebagai chief financial officer.

B Capital Group didirikan tahun 2015 dan kini memiliki lebih dari US$ 6 miliar aset yang dikelola. Perusahaan telah berinvestasi di lebih dari 125 perusahaan global, termasuk beberapa unicorn yang tumbuh pesat di Asia.

Beberapa contoh perusahaannya antara lain platform pendidikan online Inda Byju, dan perusahaan logistik regional berbasis teknologi asal Singapura, Ninja Van.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT