ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Sarankan Baim Wong Cabut Pendaftaran Citayam Fashion Week ke HAKI

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 12:35 WIB
Rusli Ikhwan, Founder Roughneck bersama influencer Bimo Ghifari dan anak-anak Sudiman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok (SCBD) turut meramaikan Citayam Fashion Week, di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Sabtu (23/7).
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Keputusan Baim Wong dan sang Istri, Paula Verhoeven mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menuai polemik. Citayam Fashion didaftarkan oleh salah satu perusahaan Baim Wong, PT Tiger Wong Entertainment.

Langkah yang dilakukan Baim Wong menjadi sorotan publik. Terbaru, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil turut mengomentari hal ini.

"Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," tulis Ridwan Kamil di Instagram pribadinya @ridwankamil, Senin (25/7/2022).

Menurut Ridwan Kamil, fashion jalanan seharusnya tetap berada di jalanan. Bukan di Sarinah, podcast, serta tidak selalu harus go internasional.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh," kata Ridwan Kamil melanjutkan.

Selain itu, ia menyoroti komunitas publik yang turut mengatur soal Citayam Fashion Week. Menurutnya, hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Namun, Ridwan Kamil mendorong pengorganiasian yang lebih baik, dengan tetap membiarkan pelaku Citayam Fashion Week mengurus komunitasnya sendiri.

Mantan Walikota Bandung ini turut menyinggung karier Baim Wong dan Paula yang disebutnya luar biasa dan meminta mereka untuk melanjutkannya. Namun terkait Citayam Fashion Week, menurutnya ini bukan inisiatif yang tepat.

Ridwan Kamil menyarankan Baim Wong dan Paula membatalkan pendaftaran HAKI yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tutupnya.

Penjelasan Baim Wong ada di halaman berikutnya



Simak Video "Kerumunan Citayam Fashion Week Dibubarkan, Parkir Liar Ditertibkan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT