ADVERTISEMENT

Harus Punya Gaji Berapa Kalau Mau Usia 30 Sudah Berharta Rp 1 M?

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 06:00 WIB
business concept money of glass and growht small tree
Foto: iStock
Jakarta -

Media sosial diramaikan dengan topik yang menyebut usia 30 tahun harus memiliki tabungan Rp 1 miliar. Seandainya kaum pekerja punya target itu, harus punya gaji berapa untuk mencapai target tersebut?

Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto berpendapat, memiliki tabungan Rp 1 miliar di umur 30 tahun mungkin-mungkin saja dilakukan. Bagi Eko bukan jenis profesi atau pendapatannya, namun lebih ke jumlah uang yang mampu disimpan dalam setahun.

"Berarti kalau 30 tahun, kalau dia pengen Rp 1 miliar, per tahun harus dapat Rp 100 juta," kata Eko kepada detikcom, Senin (25/7/2022).

Artinya, jika hanya mengandalkan tabungan maka dibutuhkan minimal Rp 8,3 juta selama satu bulan. Dengan catatan, jumlah tersebut belum dikurangi oleh kebutuhan lainnya alias tabungan bersih.

Lantas, bagaimana dengan milenial dan gen Z yang memiliki gaji UMR? Eko mengatakan, masyarakat bergaji UMR tetap bisa memiliki Rp 1 miliar di usia 30 tahun, namun tidak bisa hanya mengandalkan tabungan saja.

"Kalau uangnya nggak diapa-apain, gaji Rp 5 juta bisa diinvestasikan. Ya minimal 30%-50% setahun, masih mungkin. Itu syarat-syaratnya gajinya nggak diapa-apain," katanya menambahkan.

Namun masyarakat tentu punya kewajiban lain yang harus dibayarkan. Sehingga, untuk mencapai Rp 1 miliar di usia 30 tahun maka perlu berbisnis atau berinvestasi. Dari perhitungan Eko, setidaknya dibutuhkan return 3x lipat dari jumlah gaji Rp 5 juta untuk mencapai target tersebut.

Menurut Eko, milenial dengan gaji UMR tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan bulanan mereka.

"Agak susah kalo nggak bisnis. Karena bisnis itu kan peningkatannya lebih cepat dibanding gajian Rp 5 juta terus. Solusinya ya bisnis dan investasi, atau berharap dapat warisan," katanya sambil tertawa kecil.

Misalnya, masyarakat bisa memilih pasar kripto dengan potensi return yang besar. Tetapi Eko mengingatkan jika pasar kripto juga punya volatilitas dan risiko yang tinggi sehingga diimbau untuk lebih selektif.



Simak Video "Berapa Gaji Karyawan Netflix, Tiktok dan Spotify?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT