Gaji Rp 5 Juta Bisa Nggak Beli Rumah di Jakarta?

ADVERTISEMENT

Gaji Rp 5 Juta Bisa Nggak Beli Rumah di Jakarta?

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 17:03 WIB
PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus mendorong program strategis pemerintah untuk membantu masyarakat memiliki rumah melalui FLPP.
Foto: Dok. BSI
Jakarta -

Memiliki sebuah rumah tentu menjadi impian semua orang, termasuk kaum milenial. Selain sebagai kebutuhan primer, rumah adalah aset properti yang memiliki nilai investasi.

Masalahnya, kini harga rumah terus mengalami kenaikan. Lantas, bisakah milenial bergaji UMR menyiasati ini dan memiliki rumah sendiri?

Menurut perencana keuangan Eko Endarto, gaji UMR tidak menjadi penghalang seseorang membeli rumah. Bahkan, dengan gaji UMR masyarakat tetap bisa memiliki hunian di sekitar DKI Jakarta. Perhitungannya adalah sebagai berikut.

Misalnya, seseorang memiliki gaji di kisaran Rp 5 juta. Ia wajib menyisihkan uang minimal 30% dari gajinya, atau Rp 1.5 juta untuk mencicil rumah.

Kemudian, Eko menyarankan masyarakat memilih skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan jangka waktu panjang, misalnya 30 tahun - 40 tahun. Dengan perhitungan itu, dalam waktu 30 tahun masyarakat bisa memiliki rumah seharga Rp 540 juta. .

"Kalau 30% bisa sekitar 1,5 juta per bulan, dia cicil untuk 3 tahun atau 36 bulan, berarti dia bisa punya rumah antara 540 juta," kata Eko kepada detikcom, Senin (25/7/2022). Dengan catatan, orang tersebut sudah memiliki DP sebelumnya.

Namun, Eko menyebut agak sulit menemukan rumah di tengah kota Jakarta dengan harga tersebut. Opsinya adalah apartemen, atau menggeser pilihan ke pinggiran Jakarta seperti Bekasi, Pamulang, dan lainnya.

"Agak dipinggirin lah pilihannya. Kalau di tengah-tengah Jakarta sulit, kecuali dia beli apartemen. Jadi mungkin bisa di Bekasi, Pamulang. Tapi ya itu tadi, dengan waktu 30 tahun," jelasnya.

Terkait strategi beli rumah dengan gaji UMR, milenial bisa mengalokasikan 40% dari total gaji mereka. Sebab, ada keperluan lain yang harus dipenuhi seperti utang, biaya sehari-hari, dan lainnya.



Simak Video "Rumah atau Nikah, Ini Jawaban Vidi Aldiano "
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT