ADVERTISEMENT

Begini Cara Buat Dapat Penghasilan Tambahan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 18:58 WIB
Ilustrasi perencanaan keuangan.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang terjadi sangat berdampak kepada masyarakat Indonesia terutama dari sisi finansial. Dari data Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia disebutkan ada 29,4 juta orang yang terdampak.

Kondisi pandemi ini membuat masyarakat sadar tentang pentingna dana darurat. Nah dana darurat ini bisa disisihkan dari penghasilan utama seseorang. Namun, tingginya biaya kebutuhan sehari-hari masih sering menjadi penghalang bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan ini. Kondisi inilah yang mendorong banyak masyarakat berpikir kreatif dan mengupayakan pekerjaan sampingan, untuk memiliki penghasilan tambahan.

Karena itu memiliki pekerjaan sampingan memberikan banyak keuntungan lebih bagi mereka yang menjalankannya. Selain tambahan dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan genting, pekerjaan sampingan juga membuka peluang untuk memperluas jaringan relasi yang berkemungkinan memberikan pengalaman, pengetahuan serta kesempatan yang lebih besar lagi.

Pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari mereka yang memang sudah bekerja, sampai ke mereka yang baru lulus kuliah, bahkan Ibu Rumah Tangga.

Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan mudah yang cukup berpotensi dan menghasilkan dan tidak diperlukan pendidikan tinggi untuk dijalankan:

Misalnya membuka katering rumahan, ide usaha ini bisa dilakukan untuk ibu rumah tangga atau pekerja rumahan. Selain hobi yang bisa menghasilkan uang bisnis ini juga bisa memberikan keuntungan dan memberi penghasilan tambahan lho.

Selain itu ada jasa freelance seperti translator, copywriter, editor, designer, photo/ videografer dan masih banyak lagi. Keahlian ini dapat menjadi modal bagi kalian untuk memiliki penghasilan tambahan di kemudian hari. Banyak dari perusahaan atau institusi yang membutuhkan jasa freelance untuk bidang-bidang ini, tentunya hal ini dapat kalian kerjakan tengah-tengah waktu luang yang kalian miliki.

Kelebihan lain dari menggeluti keahlian ini adalah kalian telah memiliki pengetahuan dasar yang dibutuhkan dan kalian tidak perlu memiliki pendidikan yang tinggi untuk menjadi ahli dalam bidangnya. Cukup ketekunan dan koneksi yang kuat, kalian dapat menjadikan hobi ini sebagai sumber keuangan yang besar di kemudian hari.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT