Tiket ke Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta, Nyaris 2 Kali UMP NTT

ADVERTISEMENT

Tiket ke Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta, Nyaris 2 Kali UMP NTT

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 01 Agu 2022 13:20 WIB
Wisatawan menikmati keindahan alam Taman Nasional Komodo dari atas bukit Gili laba, Labuan Bajo, Flores, Beberapa waktu lalu. Taman nasional komodo yang telah terpilih menjadi new 7 wonder selain menyajikan alam yang sangat indah juga memiliki hewan khas komodo yang mendiami Pulau rinca dan Pulau Komodo.
Tiket ke Pulau Komodo Naik Jadi Rp 3,75 Juta, Nyaris 2 Kali Lipat UMP NTT/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Tarif masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi naik per hari Senin, 1 Agustus 2022. Sebelumnya, tiket masuk Pulau Komodo berkisar Rp 5.000, meski dalam pelaksanaan di lapangan menjadi Rp 200 ribu. Kini, tiket masuk ke TN Pulau Komodo jadi Rp 3,75 juta.

Naiknya harga tiket masuk ke TN Komodo menimbulkan polemik di masyarakat. Lalu apakah kenaikan harga ini terlalu mahal, khususnya bagi warga NTT?

Jika membandingkan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) NTT, tiket masuk ke TN Pulau komodo tentu lebih mahal. Mengutip laman Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Senin (1/8/2022), Upah Minimum Provinsi (UMP) NTT tahun 2022 adalah Rp 1.975.000.

Artinya, harga tiket ke masuk ke TN Nasional Komodo setara dengan 189% UMP Provinsi NTT. Dengan kata lain, satu bulan gaji UMP NTT tidak akan cukup untuk berwisata ke TN Komodo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat buka suara soal tiket masuk ke TN Pulau Komodo. Menurutnya, pemerintah ingin melakukan konservasi, namun tetap menjalankan roda ekonomi lewat turisme.

Wisatawan yang ingin melihat komodo dengan harga murah disarankan datang ke Pulau Rinca. Jokowi menyebut tiket masuk ke Pulau Rinca tidak berubah. Sementara wisatawan yang ingin ke pulau komodo dikenakan tarif khusus.

"Mengenai bayarnya berapa? Tetap. Tetapi kalau mau 'wah pak saya pengin sekali lihat yang di Pulau Komodo', ya silakan, nggak apa-apa juga. Tapi ada tarif yang berbeda," kata Jokowi.

Sementara itu, asosiasi pelaku pariwisata di Labuan Bajo kompak menolak tarif baru TN Komodo. Mereka akan melakukan aksi mogok selama satu bulan sebagai bentuk protes.

Simak video 'Pelaku Pariwisata Labuan Baju Mogok Imbas Tarif Rp 3,75 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT