ADVERTISEMENT

Kementan Tak Bisa Sendirian Jaga Ketahanan Pangan, Begini Peran Pengusaha Nasional

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 03 Agu 2022 18:17 WIB
Warga Baduy, Banten, punya cara sendiri untuk menjaga ketahanan mereka. Mereka memiliki lumbung padai yang biasa disebut leuwit.
Foto: Bahtiar Rivai
Jakarta -

Koordinasi dan sinergi antar kementerian/ lembaga negara dan swasta merupakan hal penting dalam menjaga ketahanan pangan.

Menurut Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, sektor pertanian dapat tumbuh dan menjadi penyelamat bagi perekonomian nasional di tengah ancaman krisis akibat dampak pandemi covid-19.

Dikatakan juga oleh Harvick bahwa sebagai orkestrasi, pembangunan pertanian membutuhkan kekuatan, kesesuaian, akurasi data dan proses mitigasi permasalahan yang presisi, akurat dan cepat.

Soal sinergitas ini juga yang terangkat dalam pertemuan antara Wamentan dengan para Pengurus Pusat Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) yang akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada 25 Agustus 2022 mendatang.

Di depan para Pengurus Pusat Japnas, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa korporasi petani dan ketahanan pangan harus mendapat dukungan penuh demi perkembangan pertanian Indonesia.

Kolaborasi dan sinergitas ini diharap mampu mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian yang selama ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Untuk itu ia amat mendukung sinergitas nantinya yang akan terjalin antara Kementan dan Japnas.

"Semoga untuk ke depannya kolaborasi antara Japnas dan Kementan bisa semakin solid dan saya mengapresiasi tema dan tagline Munas yaitu bangkit bersinergi," ujar Wamentan.

Senada dengan Wamentan, Ketua Umum Japnas Bayu Djokosoetono mengatakan bahwa Japnas siap membantu Kementerian Pertanian untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional.

"Japnas juga memiliki banyak anggota para pengusaha di bidang pertanian baik di pusat maupun di daerah yang siap berkolaborasi dengan kementerian dan dinas pertanian terkait," ujar Bayu didampingi Wakil Ketua Umum Japnas dan pengurus pusat Japnas yaitu Rahmat Baitullah, Boncau Fakkari Maza, Reza Irsyad Aminy, Ritchie, Rizky Diansyah dan Syaikha Aulia.

Dimana Syaikha Aulia yang juga merupakan cucu Wakil Presiden Ma'aruf Amin adalah salah satu wakil ketua umum pengurus pusat Japnas. Syaikha sangat setuju dan mendukung sinergitas yang terjalin dalam audiensi tersebut.

Dalam kesempatan itu juga Koordinator Bidang Media dan Publikasi Japnas, Rizky Diansyah mengatakan bahwa secara khusus Wamentan juga diundang untuk berkenan menghadiri acara pembukaan Munas Japnas 25 Agustus 2022 mendatang.

"Selain mengundang khusus untuk menghadiri pembukaan Munas, kami juga meminta kesediaan Bapak Harvick untuk menjadi pembicara dan Alhamdulillah Beliau menyanggupi dan Insha Allah akan hadir," beber Rizky.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT