ADVERTISEMENT

Belanja di Tokopedia Kena Rp 1.000, Bagaimana Shopee hingga Bukalapak?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 04 Agu 2022 18:00 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping.
Belanja di Tokopedia Kena Rp 1.000, Bagaimana Shopee hingga Bukalapak?/Foto: iStock
Jakarta -

Tokopedia memberlakukan biaya jasa Rp 1.000 dalam transaksi. Hal ini disebut karena Tokopedia ingin meningkatkan kualitas layanan untuk para penggunanya.

Jika Tokopedia memberlakukan biaya jasa untuk para konsumennya. Bagaimana dengan Shopee, Lazada, Bukalapak, sampai Blibli?

Dari penelusuran detikcom ke situs masing-masing e-commerce, tidak ada biaya jasa aplikasi. Namun ada peraturan terkait biaya layanan. Nah biaya layanan ini berbeda dengan biaya aplikasi.

Blibli

Untuk biaya layanan akan dikenakan jika pembeli menggunakan metode pembayaran Cash On Delivery (COD) atau bayar di tempat. Lalu pembayaran menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0% tenor 6, 9, 12, 18 atau 24 bulan.

Biaya layanan ini biasanya dihitung 1,5-6% dari total pembayaran ini sudah termasuk biaya pengiriman.

Shope

Untuk Shopee akan dikenakan biaya penanganan alias handling fee sebesar Rp 1.000 untuk pembayaran menggunakan metode bank transfer atau virtual account. Jika pembayaran menggunakan kartu kredit, Shopee Pay tak ada biaya penanganan yang dikenakan.

Lazada

Sama seperti Shopee, Lazada juga memberlakukan biaya berjualan untuk para penjualnya. Tak ada biaya jasa aplikasi untuk para konsumen.

Bukalapak

Bukalapak tak memberlakukan biaya jasa aplikasi untuk pembeli. Tapi ada biaya administrasi untuk para pelapak.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT