ADVERTISEMENT

Dear Penjual Online, Tokopedia Bagi Tips Dapat Bintang 5 dari Pembeli

Jihaan Khoirunnissa - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 13:42 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pelaku UMKM tentu harus memperhatikan ulasan dari pembeli atau rating yang biasa diwakili dengan bintang. Pemberian bintang ini penting karena menjadi penilaian performa jualan di platform online.

Apabila toko online memiliki nilai rating bagus, tentu para pelanggan merasa percaya dan tertarik untuk berbelanja. Sebaliknya, jika rating jelek otomatis pelanggan akan berpindah dan mencari penjual yang lain.

Memahami hal ini, Tokopedia melalui Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review atau ulasan bintang lima dari pembeli.

1. Responsif dan Komunikatif

Menurut Resti, pembeli senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. Karena itu, para online seller harus responsif serta komunikatif dalam menanggapi pertanyaan dari konsumen.

"Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain," jelas Resti dalam keterangan tertulis, Senin (8/8/2022).

Selain itu, untuk menjaga ekspektasi calon pembeli, sebaiknya berikan detail informasi seputar jam buka-tutup toko. Dalam hal ini, penjual dapat memanfaatkan fitur Jadwal Toko di aplikasi Tokopedia untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.

2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

Resti menyarankan agar penjual memajang foto dan video produk yang asli pada etalase toko. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

"Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan," terangnya.

3. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Penjual juga harus menjelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Tidak ketinggalan informasi yang berkaitan dengan layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

"Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli," kata Resti.

4. Kemas Produk dengan Aman

Dia menjelaskan pengemasan produk juga mesti diperhatikan. Sebaiknya gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk, serta tambahkan pelapis secukupnya agar produk tetap aman.

"Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan," jelas Resti.

5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli

Saat pesanan produk sudah diterima oleh pembeli, tidak ada salah mengucapkan terima kasih. Tanyakan juga tanggapan pembeli terhadap produk maupun pelayanan dari toko.

"Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan," tutur Resti.

Lebih lanjut dia menjelaskan penjual bisa mengakses materi edukasi secara gratis yang tersedia melalui Pusat Edukasi Seller.

"Kami berharap berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional," tutup Resti.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT