ADVERTISEMENT

Sederet Fakta Menarik Kampus UMKM Shopee Usai Setahun Berdiri

Jihaan Khoirunnisa - detikFinance
Jumat, 12 Agu 2022 09:01 WIB
Kampus UMKM Shopee
Foto: Shopee
Jakarta -

Shopee telah mendukung UMKM lokal naik kelas dengan menghadirkan Kampus UMKM Shopee sejak Mei 2021 silam. Dalam program tersebut, UMKM diberikan pelatihan dan pembinaan gratis untuk meningkatkan kecakapan penggunaan teknologi digital dalam berbisnis. Setelah satu tahun berdiri, apa kontribusinya buat UMKM di Indonesia?

Dalam rangka Hari UMKM Nasional, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengapresiasi para UMKM yang memiliki semangat besar untuk berpartisipasi di program Kampus UMKM Shopee.

"Selamat Hari UMKM Nasional! Melihat antusiasme para peserta Kampus UMKM Shopee, semakin memperkuat semangat Shopee untuk terus berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia. Kami akan terus berinovasi dan menghadirkan berbagai dukungan, agar UMKM lokal dapat naik kelas dan semakin berdaya melalui teknologi," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Tempat Pelatihan dan Pendampingan UMKM

Adapun UMKM lokal diberikan pelatihan bisnis digital dan pendampingan melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Pelatihan dibimbing oleh trainer Shopee yang telah tersertifikasi, meliputi edukasi, pemasaran, transaksi, penyediaan sistem inventori dan pengiriman, hingga membukakan akses sebesar-besarnya bagi UMKM lokal untuk menjadi eksportir yang berdaya.

Kampus UMKM Shopee Sudah Ada di 9 Kota

Diketahui, pemerintah kota/provinsi meresmikan langsung setiap pembukaan Kampus UMKM SHopee. Dalam kurun waktu satu tahun, Kampus UMKM Shopee telah hadir di 9 kota di Indonesia, yaitu Kampus UMKM Shopee Ekspor di Kota Solo dan Bandung; serta Kampus UMKM Shopee di Jakarta, Yogyakarta, Medan, Samarinda, Balikpapan, Malang, dan Makassar.

Di samping memiliki beragam manfaat untuk UMKM, program Kampus UMKM Shopee memiliki fakta menarik, di antaranya dibutuhkan 2 stadion Istora Senayan untuk bisa mengumpulkan seluruh UMKM lokal yang telah mengikuti pelatihan di seluruh Kampus UMKM Shopee.

Tidak hanya itu, seperti yang terlihat dalam infografis, total durasi pelatihan Kampus UMKM Shopee dalam satu tahun terakhir melebihi waktu tempuh dari Bumi menuju planet Mars dengan menggunakan roket. Hal ini menandakan pelatihan yang diberikan sangat komprehensif.

Kampus UMKM ShopeeFoto: Shopee

Klik Halaman Selanjutnya >>>



Simak Video "Resmikan Kampus UMKM Malang, Shopee Ingin Digitalisasi Pelaku Usaha Lokal"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT