ADVERTISEMENT

Penjaga Toko Ratapi Plaza Semanggi Makin Sepi: Dulu Full Banget!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 12 Agu 2022 15:48 WIB
Plaza Semanggi sepi/Achmad Dwi Afriyadi-detikcom
Foto: Plaza Semanggi sepi/Achmad Dwi Afriyadi-detikcom
Jakarta -

Masa keemasan Plaza Mal Semanggi di Jakarta Selatan telah meredup. Kini, mal tersebut sepi dan banyak ditinggalkan pengunjung.

Salah satu penjaga toko Rina menjelaskan, Plaza Semanggi dulunya ramai sekali. Saking ramainya, untuk berjalan aja susah.

"Dulu ramai, ramai banget, sampai dulu di sini jalan aja susah. Kaya gimana sih mal sedang ramai-ramainya," katanya kepada detikcom, Jumat (12/8/2022).

Kala itu, toko-toko atau ruko terisi penuh. Ramainya mal juga didukung banyaknya event di Plaza Semanggi.

"Dulu full banget mal Semanggi, full banget. Ada counter-counter semua dulu, ada pameran-pameran juga ada dulu di sini. Jadi mau nyari apa juga mal Semanggi gampang, pusatnya mal ya ini Semanggi dulu, mal paling teramai dulu," terangnya.

Menurutnya, pengunjung di Plaza Semanggi mulai berkurang di tahun 2018. Namun, terasa mulai sepi di 2019. Dia bilang, kondisi mal tambah parah di tahun 2020 atau sejak pandemi.

"2019 sudah agak sepi, pas tambah COVID udah parah," katanya.

Sementara, penjaga toko lain Eka juga mengatakan, tahun 2019 atau sebelum pandemi Plaza Semanggi sudah mulai sepi. Pandemi COVID-19, katanya, membuat kondisi tambah tak karuan.

"2019 udah mulai, cuma kan nggak bisa patokan saya doang," katanya.

"Paling-paling terasa itulah, tapi pandemi paling berasa, penjualannya beda, menurun," sambungnya.



Simak Video "Suasana Bioskop Plaza Semanggi yang Sudah Buka Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT