ADVERTISEMENT

Bos Garuda Beberkan Kondisi Terkini: Rugi Turun hingga Direktur Baru

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 13 Agu 2022 08:30 WIB
Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dan Komut Garuda Indonesia Triawan Munaf jadi pembicara dalam talkshow di Kementrian BUMN. Mereka melakukan salam komando.
Bos Garuda Beberkan Kondisi Terkini: Rugi Turun hingga Direktur Baru/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021. Acara digelar pada Jumat (12/8) yang dihadiri atau diwakili oleh 23.147.331.000 lembar saham atau 89,42% dari keseluruhan pemegang saham.

Beberapa waktu ke belakang, Garuda Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan kinerja yang positif. Capaian positif tersebut salah satunya diraih melalui optimalisasi cost structure dan restrukturisasi kinerja. Selama tiga bulan terakhir, perseroan menciptakan kinerja positif dari aspek pendapatan usaha.

Secara bertahap Garuda Indonesia juga melakukan penambahan frekuensi penerbangan khususnya pada rute-rute penerbangan dengan kinerja positif. Hingga periode Agustus 2022 ini, Garuda Indonesia turut mencatatkan pertumbuhan frekuensi sebesar 32% dibandingkan periode Juni 2022. Garuda mencatatkan rata-rata frekuensi 850 penerbangan.

Dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022), pada kuartal I-2022 Garuda Indonesia secara grup mencatatkan penurunan realisasi rugi hingga US$ 224,14 juta atau Rp 3,2 triliun (kurs Rp 14.700), menyusut 42% dibandingkan dengan kuartal I-2021 US$ 385,36 juta. Capaian tersebut diraih dengan adanya penurunan beban usaha Garuda pada kuartal I-2022 US$ 526,34 juta.

Pembukuan beban usaha tersebut lebih rendah 25% dari catatan beban usaha tahun lalu sebesar US$ 702,17 juta. Adapun penurunan beban usaha tersebut terimplementasikan pada sejumlah lini beban seperti biaya operasional penerbangan, pemeliharaan-perbaikan, umum-administrasi, beban bandara, pelayanan penumpang, operasional hotel, transportasi, dan jaringan.

Adapun dalam agenda RUPST 2021 menyetujui adanya perubahan susunan pengurus Perseroan, dengan menunjuk Salman El Farisy sebagai Direktur Human Capital yang baru dan memberhentikan secara dengan hormat Aryaperwira Adileksana selaku Direktur Human Capital periode (2020-2022).

Susunan Direksi Garuda Indonesia:

  • Direktur Utama: Irfan Setiaputra
  • Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Prasetio
  • Direktur Niaga dan Layanan: Ade R. Susardi
  • Direktur Operasi: Tumpal Manumpak Hutapea
  • Direktur Teknik: Rahmat Hanafi
  • Direktur Human Capital: H. Salman El Farisy

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT