ADVERTISEMENT

Terima Penghargaan Swasembada Beras, Jokowi: 3 Tahun Tidak Impor

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Minggu, 14 Agu 2022 14:00 WIB
Jakarta -

International Rice Research Institute (IRRI) memberikan penghargaan kepada Indonesia terkait keberhasilan ketahanan pangan. Penghargaan untuk sistem pertanian-pangan tangguh dan swasembada beras melalui penerapan inovasi teknologi padi itu diterima langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi mengatakan, keberhasilan ini tak lepas dari upaya pemerintah yang terus membangun infrastruktur di bidan pertanian sejak 2015. Adapun infrastruktur yang dibangun antara lain bendungan, embung, dan jaringan irigasi.

"Seinget saya sampai hari ini telah diresmikan 29 bendungan besar. Dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan. dan sampai tahun 2024 akan diselesaikan kurang lebih 61 bendungan, plus embung 4500. dan 1,1 juta jaringan irigasi yang telah kita bangun selama 7 tahun ini," kata Jokowi di Istana Negara, Minggu (14/8/2022).

Pada kesempatan itu, Jokowi turut menyampaikan Indonesia berhasil mengurangi jumlah impor jagung. Bahkan Indonesia diklaim sudah tidak mengimpor beras sejak 3 tahun lalu.

"Dulu kita harus impor 3,5 juta ton jagung. Sekarang kita impor 800 ribu ton. ini lompatan yang besar sekali. Terus menerus Insyaallah kita tidak impor jagung lagi dalam 2-3 tahun lagi, seperti beras yang sudah 3 tahun tidak impor," katanya menambahkan.

Atas capaian ini Jokowi menyampaikan terima kasihnya kepada para pelaku di lapangan, seperti petani yang bekerja di sawah. Jokowi pun mendorong peningkatan produksi untuk menjajaki kesempatan ekspor.

"kita produksi yang konsumsi, tapi jika produksi meningkat harus mulai masuk ke pasar-pasar ekspor," pungkasnya.

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT