ADVERTISEMENT

Zulhas Kaget Omzet Penjual Bumbu Rp 90 Juta: Kalah Toko di Senayan

Ilyas Fadilah - detikFinance
Kamis, 18 Agu 2022 13:13 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Tomang Barat
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengunjungi Pasar Tomang Barat, Tanjung Duren, Jakarta Barat. Dalam kunjungannya itu Zulhas terkejut saat mengetahui omzet salah satu pedagang.

Dari data aplikasi GrabMart, omzet pedagang bernama Afrizal mencapai Rp 90 juta di bulan Bulan Agustus. Afrizal berjualan bumbu masakan di Pasar Tomang Barat.

"Masya Allah, kalah ini toko di Senayan. Sebulan Rp 90 juta. Baru setengah bulan Rp 90 juta," kata Zulhas di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat, Kamis (18/8/2022).

Menurut Zulhas, hal ini tak lepas dari adanya platform digital yang digunakan pedagang. Adapun kenaikan omzetnya mencapai 70-80%.

"Makanya penting platform digital. Pasarnya ramai yang beli juga ramai. Pasarnya sepi, yang beli tetap ramai," katanya.

Melalui platform digital Zulhas menyebut para pedagang berpotensi menjamah pasar luar negeri. Terkait hal ini Kemendag pun siap memberikan pelatihan untuk mengembangkan potensi pedagang.

Adapun target digitalisasi pasar tradisional mencapai 1.000 pasar tahun ini. Zulhas menargetkan 1 juta pedagang pasar sudah go digital tahun ini.

Sementara itu, Afrizal mengungkapkan jika pendapatan terbesarnya pernah di atas Rp 200 juta. Padahal saat pertama bergabung dengan platform digital, omzetnya hanya berkisar Rp 300.000-400.000 per bulan.

"Mulai Meningkat pas Lebaran Idul Fitri. Pernah dapat Rp 25 juta dari online aja, lalu meningkat terus sampai tembus Rp 200 juta per bulan," kata Rizal menjelaskan.

Senada dengan Afrizal, Siska yang berjualan sayuran juga mengaku dapat memperoleh omzet puluhan hingga ratusan juta per bulan. "Ya paling rata-rata per bulan itu bisa Rp 80-90 juta," imbuhnya.

Omzet tertingginya terjadi pada momen-momen tertentu seperti Lebaran dan tahun baru. Bahkan ia menunjukkan data pendapatannya di bulan Mei 2022 yang mencapai Rp 115,18 juta.

Lihat juga video 'Mendag Zulhas: Di Jogja Tempe Sekantong Rp 5 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT