Tren Paylater di Toko Online dan Dampaknya buat Palaku UMKM

ADVERTISEMENT

Tren Paylater di Toko Online dan Dampaknya buat Palaku UMKM

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 25 Agu 2022 19:02 WIB
GoPayLater Menawarkan Kemudahan bagi Konsumen
Foto: Dok. GoPay
Jakarta -

Kehadiran GoPayLater Cicil yang dikenal sebagai layanan Buy Now Pay Later (BNPL) di Tokopedia dinilai akan meningkatkan pendapatan jutaan pelaku UMKM. Situasi ini juga yang kemudian berdampak positif terhadap penguatan fundamental bisnis dalam ekosistem PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengungkapkan sistem pembayaran paylater memang sedang digemari saat ini. Termasuk di Indonesia.

"Pembiayaan paylater meningkat secara signifikan. Dengan proses yang mudah dan cepat, maka GoPayLater Cicil ini bisa menjadi alternatif pembiayaan yang cukup positif bagi konsumsi masyarakat," ucapnya, kepada wartawan.

Secara empiris, mengacu data CB Insight, pemain BNPL di tingkat global seperti Afterpay dan PayPal telah membuktikan bahwa kehadirannya diterima secara positif oleh konsumen. Layanan BNPL dapat meningkatkan rata-rata nilai pesanan (average order value) sebesar 20%.

"Maka kehadiran GoPayLater Cicil bisa meningkatkan potensi pendapatan dari seller di Tokopedia," terusnya.

Artinya, kata Nailul, potensi pendapatan mitra UMKM yang ada di Tokopedia berpotensi meningkat. Sebab, merujuk data internal Tokopedia pada akhir 2021, tercatat ada lebih dari 11 juta penjual di platformnya dan hampir 100 persen merupakan UMKM.

Secara lebih luas maka dengan begitu banyaknya UMKM yang terbantu terdorong peningkatan transaksinya melalui kehadiran inovasi layanan keuangan BNPL, berpotensi positif juga terhadap perekonomian Indonesia. Termasuk dari sisi industri financial technology (fintech).

"Untuk Indonesia, pertumbuhan pembayaran fintech P2P lending mencapai 90 persen. Saya rasa BNPL juga hampir sama atau setengah-nya dari angka tersebut, bisa sampai 45 persen, kata Nailul.

Dari sisi segmentasi produk, Nailul memperkirakan GoPayLater Cicil akan digemari untuk belanja beberapa produk dengan harga yang relatif mahal seperti barang elektronik dan produk kecantikan (beauty). "Saya rasa kedua sektor itu yang cukup potensial naik ketika ada program GoPayLater Cicil ini," imbuhnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT