Siapa Sih yang Dirikan Indomaret dan Alfamart di Indonesia? Ini Nih Sosoknya!

ADVERTISEMENT

Siapa Sih yang Dirikan Indomaret dan Alfamart di Indonesia? Ini Nih Sosoknya!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 28 Agu 2022 20:01 WIB
Salah satu gerai Alfamart
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikcom
Jakarta -

Indomaret dan Alfamart berhasil mendirikan gerainya hampir di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah pasti tidak asing lagi dengan kedua minimarket tersebut.

Bak 'rival abadi', lokasi Indomaret dan Alfamart pun kerap berdekatan. Meski menjadi minimarket yang cukup populer, masih banyak orang yang belum mengetahui sosok pendiri Indomaret dan Alfamart.

Lantas, siapa sih pemilik Indomaret dan Alfamart?

Indomaret sendiri dimiliki oleh salah seorang taipan Indonesia, Anthoni Salim. Anthoni Salim merupakan orang di balik besarnya perusahaan jaringan ritel Indomaret.

Ide berdirinya Indomaret diawali dari pemikiran Anthoni yang ingin mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan. Dikutip dari indomaret.co.id., pada 1988 didirikanlah sebuah gerai yang diberi nama Indomaret.

Pada Maret 2022 terdapat 19.891 gerai Indomaret di Indonesia. Tak heran hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal dan pernah mendatangi raksasa minimarket itu.

Sebagai pendiri dari Indomaret, Antoni Salim dan keluarganya masuk menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Berdasarkan laporan dari Forbes, Anthoni Salim dan Keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara Rp 124,6 triliun (kurs dolar saat ini Rp 14.660/US$).

Anthoni merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara mendiang Liem Sioe Liong atau Om Liem, seorang taipan yang selama puluhan tahun sangat dekat dengan presiden Suharto. Berkat Om Liem lah Indomie ada.

Lalu siapa pemilik Alfamart? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT