ADVERTISEMENT

Punya Bisnis Rp 3.324 T, Orang Kaya India Mulai Bagi-bagi Warisan ke Anak

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 31 Agu 2022 09:00 WIB
NEW YORK, NY - APRIL 26: Chairman of Reliance Industries Mukesh Ambani (L) attends the TIME 100 Gala, TIMES 100 Most Influential People In The World at Frederick P. Rose Hall, Jazz at Lincoln Center on April 26, 2011 in New York City.  (Photo by Stephen Lovekin/Getty Images for TIME)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Miliarder asal India Mukesh Ambani sudah menyusun rencana untuk menyerahkan kerajaan bisnisnya kepada anak-anaknya. Meskipun dia mengaku tidak berniat pensiun dalam waktu dekat.

Pria berusia 65 tahun itu telah menetapkan rencana suksesi dengan memberi tahu para pemegang saham di Reliance Industries Ltd miliknya bahwa ketiga anaknya adalah yang pertama di antara yang sederajat dan mulai dibimbing setiap hari oleh para pemimpin senior termasuk dirinya sendiri.

Mukesh Ambani sebagai Ketua dan Promotor Reliance Industries memiliki seorang putri bernama Isha, serta dua putra bernama Anant dan Akash. Menurut pengajuan terbaru perusahaan dengan bursa saham Mumbai, istri dan anak-anaknya mengendalikan hampir 51% perusahaan.

"Pemimpin generasi berikutnya kami dengan percaya diri mengambil alih kendali di seluruh bisnis," kata Mukesh Ambani dikutip dari CNN, Rabu (31/8/2022).

Mukesh Ambani sendiri mewarisi bisnis minyak dari ayahnya dua dekade lalu. Dia telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk melakukan diversifikasi ke teknologi, energi terbarukan, dan ritel.

Mukesh Ambani meluncurkan Reliance Jio sebagai jaringan seluler pada 2016. Sejak itu telah terkumpul lebih dari 400 juta pengguna dan diluncurkan layanan streaming, jaringan fiber optik, aplikasi konferensi video, dan pembayaran digital.

Di bawah kendalinya, Reliance Industries sekarang bernilai US$ 224 miliar atau setara Rp 3.324 triliun (kurs Rp 14.840) berdasarkan nilai pasar sahamnya.

"Akash dan Isha masing-masing mengambil peran kepemimpinan di Jio dan Ritel. Mereka telah terlibat dengan penuh semangat dalam bisnis konsumen kami sejak awal," kata Mukesh Ambani.

"Anant juga bergabung dengan bisnis Energi Baru kami dengan penuh semangat," tambahnya.

Reliance Retail yang diluncurkan pada tahun 2006 adalah pengecer terbesar di India berdasarkan pendapatan dan memiliki lebih dari 15.000 toko di seluruh negeri. Mereka menjual segala sesuatu mulai dari smartphone hingga bahan makanan melalui berbagai merek eponymous termasuk Reliance Fresh, Reliance Digital dan Reliance Trends.

Mukesh Ambani merupakan orang terkaya ke-9 di dunia dengan harta bersih mencapai US$ 94 miliar atau setara Rp 1.394 triliun, menurut Bloomberg Billionaires Index. Taipan itu mengatakan akan terus memberikan kepemimpinan langsung selama belum pensiun.



Simak Video "Elon Musk Salip Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT