ADVERTISEMENT

Duitnya Gak Berseri, Ini Dia Sosok Pria Asia Pertama yang Jadi Orang Terkaya ke-3 Dunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 30 Agu 2022 15:21 WIB
Adani Group Chairman, Gautam Adani smiles after addressing the media in Ahmedabad on July 21, 2009. Adani spoke about
Foto: Sam Panthaky/AFP/Getty Images
Jakarta -

Crazy rich asal India yang satu ini mendadak menjadi perbincangan lantaran dirinya telah menjadi orang terkaya ketiga di dunia dalam Bloomberg Billionaires Index terbaru. Ia adalah Gautam Adani, pendiri sekaligus pemilik dari Adani Group.

Melansir dari Bloomberg, dirinya ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$ 137 miliar atau setara Rp 2.027 triliun (kurs Rp 14.800). Diketahui bahwa kekayaannya ini telah melampaui CEO LVMH Bernard Arnault dan sekarang hanya berada di belakang bos Tesla Elon Musk dan pendiri Amazon Jeff Bezos.

Namun berbeda dari orang terkaya di dunia pada umumnya, Adani merupakan orang Asia pertama yang masuk dalam tiga besar indeks tersebut. Bahkan crazy rich senegaranya seperti Mukesh Ambani sampai orang terkaya China Jack Ma bahkan tidak pernah sampai sejauh itu.

Tentu saja perjalanan Adani untuk sampai ke posisi yang ia tempati saat ini tidaklah mudah. Lantas bagaimana perjalanan karirnya?

Diketahui bahwa Gautam Adani sendiri lahir di negara bagian Gujarat, India barat. Setelah putus kuliah saat remaja, ia pindah ke Mumbai dan bekerja di perdagangan berlian sebelum kembali ke negara bagian asalnya.

Dia terjun ke perdagangan global ketika dia mengimpor polivinil klorida, atau PVC, untuk bisnis plastik saudaranya. Pada tahun 1988, ia mendirikan Adani Enterprises, perusahaan unggulan grup, untuk mengimpor dan mengekspor komoditas.

Adani Enterprises memperoleh persetujuan dari pemerintah Gujarat pada tahun 1994 untuk mendirikan fasilitas pelabuhan untuk menangani kargonya sendiri di Pelabuhan Mundra. Merasakan potensi dalam proyek tersebut, Adani memutuskan untuk mengubahnya menjadi pelabuhan komersial.

Selanjutnya dia membangun jalur kereta api dan jalan raya ke sana dengan bernegosiasi secara individu dengan lebih dari 500 pemilik tanah di seluruh India untuk membuat pelabuhan terbesar di India.

Tidak berhenti di sana, Adani kemudian masuk ke bisnis pembangkit listrik pada tahun 2009. Berkat inilah kemudian bisnisnya kian berkembang dan terus membawanya menjadi orang terkaya di India.

Berkat itu kini, menurut pengajuan bursa saham Maret 2022, dirinya memiliki 75% saham di Adani Enterprises, Adani Power dan Adani Transmissions. Dia juga memiliki sekitar 37% Total Gas Adani, 65% Pelabuhan Adani & Kawasan Ekonomi Khusus, dan 61% Adani Green Energy.

Semua perusahaannya ini diperdagangkan secara publik dan berbasis di Ahmedabad, India. Saham dipegang oleh grup promotor, yang mencakup anggota keluarga dan perusahaan induk yang dikreditkan ke Adani untuk mencerminkan statusnya sebagai pendiri.

Simak juga Video: Saham Mark Zuckerberg Merosot, Kini Tak Masuk Daftar 10 Orang Terkaya

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT