DPR ke Pemerintah: Jangan Sampai Sorgum Jatuh Seperti Porang!

ADVERTISEMENT

DPR ke Pemerintah: Jangan Sampai Sorgum Jatuh Seperti Porang!

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 03 Sep 2022 10:30 WIB
Sorgum-Kementan
Foto: Dok Kementan
Jakarta -

Kementerian Pertanian berencana untuk mengembangkan tanaman sorgum untuk menekan impor gandum. Namun, rencana itu mendapatkan kritik dari Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI karena dikhawatirkan rencana itu akan tak jalan seperti semestinya.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mewanti-wanti pemerintah bahwa jangan sampai program pengembangan sorgum itu akan sia-sia setelah digembar-gemborkan. Sudin mencontohkan dengan program ekspor porang yang saat ini nasib harganya malah anjlok di kelas petani karena tidak ada kelanjutan programnya.

"Di sini presiden menekankan untuk menanam sorgum karena seperti kemarin habis perayaan ekspor porang selesai, ya selesai. Harga porang jatuh. Sekarang pikirkan sorgum nanti setelah rakyat menanam yang beli siapa? Yang tanggung jawab siapa?" kata Sudin dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertanian Rabu lalu, dikutip Jumat (2/9/2022).

Sudin juga meminta jajaran Kementan untuk menjelaskan produk apa saja yang bisa dihasilkan dari sorgum. Kemudian pertanyaan itu dijawab oleh Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi.

"Sorgum bisa dimanfaatkan menjadi tepung, kue kering dan basah, batangnya jadi roti, termasuk mi bisa. Beras juga bisa," jawab Suwandi.

Sudin pun menegaskan bahwa sorgum tidak bisa 100% menggantikan gandum. Ia menyebut tidak sampai 20% bahkan kalau bisa digunakan untuk membuat produk mi.

"Coba rakyat menanam sorgum-sorgum, tahu-tahu sudah beli, tanam, keluar uang yang mau beli siapa? Sorgum tidak tepat untuk buat kue ataupun apa, kalau untuk mie ya itu paling banyak 20%. jangan nasibnya seperti porang kedua," ujarnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT