BBM Naik, Jangan Kaget Harga Pangan Makin Mahal!

ADVERTISEMENT

BBM Naik, Jangan Kaget Harga Pangan Makin Mahal!

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 04 Sep 2022 12:30 WIB
Harga Pangan
Foto: Harga Pangan (Ilyas Fadilah/detikcom)
Jakarta -

Harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax resmi naik per 3 September 2022. Kenaikan ini diprediksi akan berimbas kepada harga-harga komoditas lainnya termasuk pangan.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono mengatakan harga bahan pokok bisa naik karena ada faktor angkutan logistik dari tempat produksi ke pasar. Biaya itu bisa lebih mahal karena harga BBM naik.

"Jadi pedagang pasar itu kan selalu mendapat barang yang dipasok, nah harga itu sudah termasuk harga angkutan. Tentu saja misalnya kita ngomong beras, cabai, komoditi penting saya kira akan mengalami kenaikan," kata Sudaryono kepada detikcom, Minggu (4/9/2022).

Sudaryono mengaku sampai saat ini masih memantau berapa kenaikan bahan-bahan pangan akibat dampak naiknya harga BBM. Dia berharap kenaikannya tidak terlalu signifikan jika melihat dari komponen biaya logistik di harga pangan.

"Seberapa besar kenaikannya kami berharap tidak terlalu signifikan mengingat biaya logistik dari harga barang tidak terlalu besar mungkin 2-5% paling tinggi. Misalnya beras di angka Rp 10 ribu, sebetulnya biaya logistiknya kalau dari Jawa ke Jakarta di kisaran Rp 100-300," jelasnya.

Sudaryono menyebut telah mengimbau kepada pedagang pasar di bawah naungannya agar tidak latah menaikkan harga pangan terlalu signifikan dengan alasan BBM naik. Dia khawatir dengan kondisi ini, ada faktor psikologis yang bisa mengerek harga pangan.

"Kalau naik, kita berharap kenaikan itu hanya sebatas dari kenaikan biaya logistik yang menurut perhitungan kami besarannya 2-3% dari total harga, sehingga kalau (BBM) naik 30%, total kenaikannya tidak terlalu signifikan jika dibanding harga dari komoditi tersebut," bebernya.

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia (PPRN) Alvino Antonio juga memprediksi kenaikan harga BBM akan membuat biaya angkut pakan ternak dari pabrik ke kandang naik. Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika produksi turunannya seperti daging ayam dan telur semakin mahal.

"Peternak beli pakan di pabrik, itu ada biaya angkutnya dari pabrik ke kandang. Itu pasti naik, cuma besarannya berapa belum tahu. Pasti otomatis harga pokok produksi telur dan daging ayam naik," imbuhnya.

"Pasti besok, kalau hari ini kantor tutup semua dan belum ada aktivitas," tambahnya.



Simak Video "Catat! Rekayasa Lalin Sekitar Istana Negara Jelang Aksi 2309"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT