ADVERTISEMENT

Kocak, Nama Jokowi 'Dicatut' Pedagang di Arab

Dana Aditiasari - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 12:33 WIB
Nama Jokowi Dicatut untuk Belanja
Foto: Nama Jokowi 'Dicatut' untuk Belanja (Istimewa/TikTok/@boysanbs)
Jakarta -

Jemaah Haji dan Umrah dari Indonesia tampaknya punya kesan tersendiri bagi pedagang di Arab Saudi. Maklum saja, bila tak ada kendala pandemi virus Corona, rata-rata ada 150-200 ribu orang Indonesia beribadah haji setiap tahunnya.

Bagi pedagang, ini jelas target pasar yang lumayan. Hingga tak heran bila para pedagang menggunakan apapun yang berbau Indonesia sebagai 'alat' marketing untuk menjajakan barang dagangan mereka. Tak terkecuali nama Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Itu setidaknya terungkap dari unggahan @boysanbs lewat sebuat video di akun media sosial TikTok.

"50.000 Jokowi, 100.000 Jokowi," teriak seorang pedagang pria bertopi yang terekam video sedang menjajakan barang dagangannya seperti ditonton detikcom, Kamis (8/9/2022).

Nama Jokowi 'Dicatut' untuk BelanjaFoto: Nama Jokowi 'Dicatut' untuk Belanja (Istimewa/TikTok/@boysanbs)

Bukan hanya pria itu yang berdagang dengan 'mencatut' nama Jokowi untuk berdagang. Namun, itu dilakukan bukan tanpa alasan. Kata 'Jokowi' digunakan para pedagang sebagai tanda bahwa mereka menerima transaksi menggunakan uang rupiah.

Unggahan TikTok itu sempat viral dan disukai oleh 73 ribu orang. Ada pula 2.547 orang yang berkomentar dan 2.136 yang menyimpan unggahan video tersebut.

Pedagang yang mayoritas adalah warga lokal Arab Saudi dan pendatang dari negara lain itu umumnya menguasai sedikit bahasa Indonesia. Mereka bahkan bisa langsung mengenali jemaah asal Indonesia hanya dengan sekilas melihat wajahnya.

Nama Jokowi 'Dicatut' untuk BelanjaFoto: Nama Jokowi 'Dicatut' untuk Belanja (Istimewa/TikTok/@boysanbs)

Lihat juga video 'Ternyata PT Alfatih Indonesia Travel Catut Alamat Penginapan di Lembang':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT