Ini Dia Pemilik ABC yang Produk Kecap dan Sausnya Ditarik Singapura

ADVERTISEMENT

Ini Dia Pemilik ABC yang Produk Kecap dan Sausnya Ditarik Singapura

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 15:08 WIB
Ilustrasi saus cabai.
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Siapa sih pemilik ABC? Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan produk-produk merek ABC. Baru-baru ini dua produk ABC, yakni kecap manis dan saus sambal ayam gorengnya ditarik oleh Badan Pengawas Makanan Singapura (Singapore Food Agency/SFA).

Produk tersebut ditarik karena mengandung kandungan sulfur dioksida dan alergen pada kecap manis ABC. Sementara pada saus ayam goreng mengandung asam benzoat dan alergen yang tidak disebutkan pada label makanan.

Lalu, siapa pemilik ABC?

Produk-produk kecap dan saus ABC diproduksi oleh PT Heinz ABC Indonesia yang termasuk dalam grup ABC Holding. Awalnya perusahaan ini didirikan oleh Chandra Djojonegoro yang kini dikelola oleh Husain Djojonegoro dan keluarga.

Dilansir dari situs resminya, PT Heinz ABC Indonesia didirikan pada tahun 1999 yang merupakan bagian afiliasi The Kraft Heinz Company. Merek ABC ini menjual merek kebutuhan rumah tangga Indonesia dengan produk mulai dari saus, minuman hingga makanan kaleng sejak tahun 1975.

Lalu pada tahun 2015, H.J.Heinz Company dan Kraft Foods Group menandatangani perjanjian merger untuk membentuk The Kraft Heinz Company.

Saat ini, ABC Holding dipegang oleh Husain Djojonegoro dan keluarga. ABC Holding membawahi beberapa perusahaan seperti PT Orang Tua Grup, PT Everbright, PT TriSumber Makmur Indah, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari Forbes (8/9/2022), Husain Djojonegoro dan keluarga termasuk ke dalam 50 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$ 1,25 miliar.

Simak Video: Respons BPOM hingga Pihak ABC soal Kecap Manis-Saus Ditarik Singapura

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT