ADVERTISEMENT

Geser Bezos, Crazy Rich India Gautam Adani Jadi Orang Terkaya ke-2 Dunia

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 17 Sep 2022 17:12 WIB
Adani Group Chairman, Gautam Adani smiles after addressing the media in Ahmedabad on July 21, 2009. Adani spoke about
Foto: Sam Panthaky/AFP/Getty Images: Gautam Adani jadi orang terkaya ke-2 dunia setelah menggeser Jeff Bezos, menurut Bloomberg Billionaires Index
Jakarta -

Pendiri Amazon Jeff Bezos baru saja kehilangan statusnya sebagai orang terkaya nomor 2 di dunia. Jeff Bezos turun ke peringkat 3, tergeser oleh miliarder asal India Gautam Adani.

Perhitungan ini berdasarkan Bloomberg Billionaires Index. Sementara posisi 1 masih ditempati bos Tesla Elon Musk. Elon Musk mencatatkan kekayaan sebesar US$ 260 miliar atau Rp 3.880 triliun (kurs Rp 14.926).

Melansir dari CNN, Sabtu (17/9/2022), Adani membutuhkan waktu kurang dari 10 bulan untuk mencapai posisi nomor 2. Di awal tahun dia hanya menempati urutan ke-14.

Sebagai informasi, ini adalah pertama kalinya orang Asia menduduki peringkat tertinggi sebagai orang terkaya versi Bloomberg. Sebelumnya posisi orang terkaya didominasi oleh pengusaha teknologi kulit putih.

Melansir dari Bloomberg Billionaires Index, Kekayaan Adani menyentuh US$ 147 miliar atau Rp 2.205 triliun. Kekayaan ini didapat dari kepemilikan konglomerat Adani Group yang sangat besar.

Grup ini berjalan di berbagai sektor bisnis, termasuk pelabuhan dan batu bara yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Saham beberapa perusahaan Adani telah melonjak lebih dari 1.000% sejak Juni 2020. Hal ini mencerminkan optimisme investor tentang kekuatan konglomerat di bidang-bidang seperti infrastruktur dan energi terbarukan yang diprioritaskan Perdana Menteri Narendra Modi untuk pembangunan.

Saham Adani Enterprises yang menjadi andalan naik lebih dari 115% pada tahun 2022. Pada Februari, Adani menyalip sesama taipan India Mukesh Ambani untuk menjadi orang terkaya di Asia.

Sementara itu kekayaan bersih Bezos merosot menjadi US$ 145,8 miliar. Saham teknologi terpukul keras di tengah aksi jual ekuitas yang lebih luas pada hari Jumat. Saham Amazon turun 3% di awal perdagangan, dan secara kumulatif saham mereka turun lebih dari 25% tahun ini.

Pendiri Amazon sempat menempati peringkat 1 dalam daftar orang terkaya. Tetapi kekayaannya berkurang setelah perceraiannya pada 2019.

Sebagian besar kekayaan Bezos terikat dengan saham Amazon. Menurut Bloomberg, aksi jual teknologi telah memangkas US$ 45 miliar dari kekayaan bersih Bezos sejak Januari.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT