ADVERTISEMENT

Crazy Rich India Siapkan Warisan Rp 3.234 T, Anak Perempuan 'Kecipratan'

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 12:20 WIB
NEW YORK, NY - APRIL 26: Chairman of Reliance Industries Mukesh Ambani (L) attends the TIME 100 Gala, TIMES 100 Most Influential People In The World at Frederick P. Rose Hall, Jazz at Lincoln Center on April 26, 2011 in New York City.  (Photo by Stephen Lovekin/Getty Images for TIME)
Mukesh Ambani/Foto: Getty Images
Jakarta -

Crazy rich India, Mukesh Ambani sudah menyiapkan penerus takhta bisnisnya. Ambani memiliki tiga anak yang siap meneruskan bisnis ritel hingga kilang yang bernilai US$ 220 miliar atau Rp 3.234 triliun (kurs Rp 14.700).

Anak kembar tertua Ambani, Akash dan Isha masing-masing akan memimpin bisnis telekomunikasi dan ritel Reliance Industries Ltd. Sementara putra bungsu Ambani, Anant sedang dipersiapkan untuk menangani bisnis energi baru.

Ambani sepertinya tidak mau mengulang sejarah kelam ketika terjadi 'rebutan' warisan dengan adiknya 20 tahun yang lalu saat sang ayah meninggal tanpa memberikan surat wasiat sebelumnya.

Ambani secara aktif terlibat dalam menjalankan bisnis Reliance dengan menduduki posisi sebagai pucuk pimpinan dan direktur pelaksana. Langkah ini dilakukan sebelum mendorong anak-anaknya menjadi pimpinan perusahaan.

"Mereka adalah yang pertama di antara yang seumuran anak muda yang telah melakukan hal-hal luar biasa di Reliance," kata Ambani dalam sebuah pidato dikutip dari BBC, Rabu (21/9/2022).

Munculnya Isha Ambani sebagai anak perempuan crazy rich India yang menjadi suksesi perusahaan tampak sebagai pergeseran yang jelas. Sebagai contoh, bibinya menikah dengan pengusaha jauh sebelum sengketa warisan membuat keluarga Ambani 'pecah'.

Bride Isha Ambani, the daughter of the Chairman of Reliance Industries Mukesh Ambani, and her groom Anand Piramal, heir to a real-estate and pharmaceutical business, after they got married in Mumbai, India, December 12, 2018. Reliance Industries/Handout via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVE.Bride Isha Ambani, the daughter of the Chairman of Reliance Industries Mukesh Ambani. Foto: Reliance Industries/Handout via REUTERS

Ahli mengatakan ada beberapa kekuatan di balik peran wanita dalam kepemimpinan perusahaan. Lebih banyak perempuan yang mengakses pendidikan tinggi dan banyak yang vokal tentang hak dan kemampuannya.

"Banyak wanita yang menjadi vokal tentang hak dan kemampuan mereka tanpa khawatir," kata CEO dan Direktur Pelaksana Welspun India, Dipali Goenka.

Namun, 'pergeseran' suksesi ke perempuan masih menemui jalan yang pajang. Sebanyak delapan dari 10 keluarga di India masih ada bias terhadap anak laki-laki. Para ahli mengatakan ini merupakan pertempuran melawan patriarki yang baru dimulai.

Simak juga Video: Momen Gibran Temui Crazy Rich Grobogan yang Bangun Jalan Rp 2,8 M

[Gambas:Video 20detik]




(ara/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT