Rumor Xi Jinping Dikudeta Mencuat di Tengah Ekonomi China yang Lagi Merosot

ADVERTISEMENT

Rumor Xi Jinping Dikudeta Mencuat di Tengah Ekonomi China yang Lagi Merosot

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 11:52 WIB
China: Xi Jinping rilis resolusi bersejarah, sejajar dengan Mao Zedong, dan Deng Xiaoping
Presiden China Xi Jinping/Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden China Xi Jinping diisukan sedang dikudeta. Bahkan rumor itu menyebut jika dia kini sudah menjadi tahanan rumah.

Rumor yang beredar di media sosial ini menyebut seorang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dari militer China Li Qiaoming sudah menggantikan Xi Jinping.

Namun rumor ini masih tidak berdasar. Pihak pemerintah China belum memberikan keterangan resmi terkait isu tersebut.

Rumor ini beredar di tengah ekonomi China yang sedang kurang baik. Dikutip dari CNN pada kuartal II tahun ini ekonomi China tumbuh 0,4%.

Dari data Biro Statistik Nasional China angka ini lebih rendah dibandingkan periode kuartal sebelumnya yang bisa tumbuh 4,8%.

Melambatnya pertumbuhan ekonomi China disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang menerapkan lockdown demi mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Tak cuma itu ada juga krisis di sektor properti yang membuat perekonomian makin tertekan.

Semester I 2022, ekonomi China tumbuh 2,5%. Hal ini membuat target 5,5% secara keseluruhan tahun 2022 akan sulit dicapai.

Lockdown yang dilakukan di berbagai wilayah ini membuat rantai pasok terganggu karena banyak masyarakat yang tak bisa beraktivitas normal. Pusat perbelanjaan dan pabrik tutup.

Kebijakan ini disebut mengganggu kepercayaan investor. Pasalnya pemerintah China dinilai tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan sehingga operasional bisnis dan sentimen investor masih dibayangi ketidakpastian.



Simak Video "China Perketat Keamanan Usai Protes Lockdown Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT