Luhut Bicara Inflasi RI, Singgung Harga Pangan Masih Tinggi

ADVERTISEMENT

Luhut Bicara Inflasi RI, Singgung Harga Pangan Masih Tinggi

Herdi Alif Al Hikam, Herdi Alif Al Hikam, Herdi Alif Al Hikam, Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 13:00 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal tingkat inflasi di Indonesia. Dia menyampaikan inflasi berada di tingkat 4,9% secara tahunan per Juli 2022.

Menurutnya, tingkat inflasi sempat meningkat karena kenaikan harga pangan. Menurutnya, pemerintah pun tak henti-hentinya menekan harga pangan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Inflasi kita masih 4,9%, core inflasi kita 2,8%. Tapi banyak di pangan masalah inflasinya cukup tinggi, dan sekarang kita kerjakan bersama-sama sesuai dengan instruksi presiden pada kita semua," kata Luhut dalam pidatonya di acara puncak peringatan Hari Maritim Nasional 2022, yang disiarkan virtual pada Selasa (26/9/2022).

Luhut juga sempat mengingatkan harga pangan dan energi kemungkinan masih bisa berada di level yang tinggi. Pasalnya, konflik antara Ukraina dan Rusia belum juga usai. Perang antara kedua negara itu dinilai Luhut sangat berdampak pada stabilitas pangan dan energi.

"Kita tak bisa hindari bahwa situasi di Ukraine, ketegangan yang belum tentu kapan selesainya yang berdampak pada pangan dan energi," sebut Luhut.

Per Agustus, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi alias penurunan harga. Artinya, tingkat inflasi turun daripada bulan Juli yang sempat dipaparkan Luhut.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat deflasi Agustus 0,21%. Hal itu diungkapkan Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers Kamis (1/9) lalu.

"Secara month to month Agustus deflasi 0,21% ini merupakan yang terdalam sejak September 2019 di mana September 2019 deflasi 0,27%," ujar Margo.

Sementara itu secara tahunan dan tahun berjalan, BPS mencatat masih ada inflasi. Inflasi tahun kalender tercatat 3,63%, sementara inflasi tahunan tahun 2021 ke tahun 2022 itu 4,69%.

Margo mengatakan, berdasarkan pantauan BPS pada 90 kota di Indonesia, pada bulan Agustus 2022 mengalami deflasi 0,21%. Terjadi penurunan indeks harga konsumen dari 111,8 pada Juli menjadi 111,57 pada Agustus.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT