Pengguna Internet Terus Naik, Toko Online Diramal Makin Laris

ADVERTISEMENT

Pengguna Internet Terus Naik, Toko Online Diramal Makin Laris

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 17:20 WIB
Kesalahan Bisnis Online
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Sektor e-commerce atau perdagangan online diperkirakan tumbuh hingga 37% secara tahunan. Hal ini sejalan dengan terus bertambahnya pengguna internet dan media sosial.

Bisnis e-commerce ini bisa mendorong permintaan pusat data lokal dan investasi dari penyedia cloud berskala besar.

Vice President Head of Local Business Area, Motion ABB Indonesia Chen Kang Tan menyebutkan permintaan pasar diestimasi mencapai 29 juta pengguna.

"Sektor e-commerce diperkirakan akan tumbuh 37%," kata Chen dalam siaran pers, Selasa (27/9/2022).

Apalagi Indonesia saat ini menargetkan menjadi negara dengan ekonomi terbesar pada 2030 mendatang melalui transormasi digital di berbagai industri seperti manufaktur, keuanga, fasilitas kesehatan.

Karena itu industri pusat data juga dirpediksi terus tumbuh karena tingginya permintaan pusat data lokal dan investasi dari penyedia cloud berskala besar.

Dia menjelaskan inisiasi pemerintah juga mempercepat pertumbuhan infrastruktur digital dan konektivitas yang lebih tinggi di Indonesia.

Semua itu berkontribusi pada terus naiknya permintaan inovasi solusi pusat data yang membutuhkan efisiensi energi yang dapat diandalkan dan tanpa gangguan.

Untuk itu sebagai pemimpin pasar di teknologi listrik dan automasi, ABB berkomitmen melayani pelanggan industri dan utilitas, termasuk pusat data, melalui optimasi performa, sekaligus memperkecil dampak lingkungan melalui solusi efisiensi energi.

Saat ini pangsa pasar pusat data Indonesia cukup menjanjikan atau sebesar US$ 1,7 miliar dan diproyeksikan akan mencapai US$ 2,4 miliar pada tahun 2027.

Ditambah lagi, selama pandemi COVID-19, adopsi cloud meningkat tajam di berbagai sektor industri, edukasi, layanan kesehatan termasuk badan usaha, kantor pemerintah, dan lembaga.

Untuk itu ABB berupaya mempenetrasi industri pusat data, dengan memperkenalkan solusi tata udara (HVAC), melalui ABB drive ACH580, drive regeneratif dengan harmonisa ultra rendah untuk mendukung sistem tata udara pada pusat data melalui mekanisme yang mampu meningkatkan efisiensi energi.

Hal ini memposisikan ABB ACH580 sebagai pilihan terbaik untuk meningkatkan efisiensi proses dan sistem pada pusat data.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT