ADVERTISEMENT

Unik, Ada Kompetisi Startup di Atas Bus Listrik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 28 Sep 2022 11:10 WIB
ilustrasi startup
Foto: Internet
Jakarta -

Di Indonesia, terdapat sekitar 2.305 perusahaan rintisan (startup) dan delapan diantaranya telah berhasil menjadi unicorn. Angka ini menunjukkan bahwa geliat startup sangat tinggi. Namun, semangat itu biasanya terkendala oleh minimnya akses pendanaan dan kurangnya mentoring dalam menjalankan bisnis rintisan.

Hal inilah yang membuat Bakrie Group mendukung anak-anak muda yang bersemangat mengembangkan usaha startup mereka. Karena dari sinilah muncul banyak ide unik dan brilian dari anak-anak muda yang kemudian dapat membantu menjawab kebutuhan masyarakat.

"Pemikiran inilah yang mendorong Bakrie Group untuk menyelenggarakan kompetisi I-Start, sebagai komitmen kami dalam memberikan fasilitas bagi generasi muda Indonesia agar dapat berkontribusi menjawab kebutuhan masyarakat di berbagai sektor," ujar Ketua Pelaksana 80 Tahun Bakrie Aninditha Anestya Bakrie dikutip Rabu (28/9/2022).

Kompetisi I-Start sudah dimulai sejak tanggal 20 Mei hingga 10 Juni 2022. Ini merupakan komitmen Bakrie Group dalam mendorong kreatifitas dan inovasi anak-anak muda Indonesia, untuk berkontribusi dalam menjawab berbagai tantangan yang timbul di tengah masyarakat.

Dari proses seleksi yang cukup panjang, didapat 20 nama semi finalis yang akan berkompetisi langsung pada tanggal 28 September 2022 yang berlokasi di Bakrie Tower, Jakarta. Ke-20 semi finalis ini akan langsung berhadapan dengan 4 dewan juri perwakilan generasi ke-3 keluarga Bakrie dan juga satu orang dosen dari Universitas Bakrie.

Di antaranya yaitu Presiden Komisaris PT Cakrawala Andalas TV (ANTV) & Wakil Presiden Direktur Bakrie & Brothers Ardi Bakrie, Direktur Utama PT Energi Mega Persada Tbk Eda Bakrie, Direktur Bakrie & Bothers Roy Hendrajanto M Sakti, Dosen Program Studi Manajemen Universitas Bakrie serta Aryo Moedanton.

Menariknya, penjurian semi finalis akan dilakukan di dalam bus listrik milik VKTR.

Untuk tahap selanjutnya, akan dipilih 10 Finalis yang akan berkompetisi langsung pada tanggal 29 September 2022 di Bakrie Tower, Jakarta. Ke-10 finalis juga akan dinilai oleh para juri dari generasi ke-3 keluarga Bakrie dan satu orang dosen dari Universitas Bakrie dengan komposisi sama seperti saat penjurian semifinal. Hanya saja, posisi Bapak Roy Hendrajanto M Sakti akan digantikan oleh Bapak Taufan Eko Nugroho Rotorasiko - Komisaris TV One, Komisaris Utama Bakrie Telecom.

Dari 10 finalis akan dipilih 3 pemenang startup dan akan mendapatkan total pendanaan sebesar Rp150.000.000, serta mendapatkan mentoring dari segi bisnis oleh generasi ke-3 keluarga Bakrie serta tim eksekutif Bakrie Group.

Kompetisi I-Start menjadi solusi bagi anak muda untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan startup rintisan mereka. Untuk mendapatkan akses ini, mereka mengajukan proposal ide untuk memudahkan hidup orang banyak melalui inovasi dan terobosan baru yang berbasis teknologi. 10 sektor yang menjadi kategori inovasi yaitu energi terbarukan, industrialisasi, digitalisasi, infrastruktur teknologi, media, agrobisnis, properti, telekomunikasi, kesehatan, dan pendidikan.

"Kami terinspirasi dari semangat dan inisiatif anak muda Indonesia dalam usaha untuk membangun negeri. Melalui kompetisi I-Start ini, besar harapan kami agar dapat memfasilitasi ide serta terobosan anak muda dengan merintis sebuah startup. Kami percaya, dengan antusiasme yang tinggi, para generasi muda memerlukan dukungan dari kita semua agar ide dan inovasi mereka dapat terealisasikan. Dengan dukungan pendanaan dan menghadirkan mentoring secara intensif, kami percaya anak muda akan memegang peranan penting dalam pembangunan negeri di masa depan," ujar Anindya Novyan Bakrie.



Simak Video "Mitos dan Fakta Seputar Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT