ADVERTISEMENT

Bintang NBA LeBron Beli Klub Pickleball, Incar Turnamen Berhadiah Rp 4,85 M

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 28 Sep 2022 20:48 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 28: Lebron James looks on during the UEFA Champions League final match between Liverpool FC and Real Madrid at Stade de France on May 28, 2022 in Paris, France. (Photo by Berengui/vi/DeFodi Images via Getty Images)
Lebron James (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Jakarta -

Raja lapangan basket LeBron James resmi menjadi salah satu pemilik tim pickleball profesional. Hari ini Major League Pickleball (MPL) mengumumkan bahwa James, Maverick Carter, juara NBA Draymond Green dan lainnya akan bergabung di jajaran kepemilikan.

Popularitas pickleball meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Olahraga ini menarik para investor dan selebritis, membuatnya menjadi lahan bisnis yang besar.

"Ketika saya mulai bermain pickleball, saya langsung terhubung dengan komunitas olahraga dan kapasitasnya untuk tujuan bersenang-senang dan kompetitif," kata Carter, dikutip dari CNBC, Rabu (28/9/2022).

Final musim MPL pada 14-16 Oktober yang diselenggarakan di Columbus, Ohio akan dihadiri siswa di I Promise School, sekolah umum yang James dirikan. Turnamen tersebut memberikan total hadiah sebesar US$ 319 ribu atau Rp 4,84 miliar (kurs Rp 15.200)

Jumlah itu merupakan total hadiah terbesar dalam turnamen akhir musim. Sementara itu, melansir dari frontofficestore.com, total hadiah pada turnamen selama tahun 2023 diperkirakan mencapai US$ 2 juta atau Rp 30,4 miliar.

James dan Carter akan memiliki tim melalui perusahaan mereka, LRMR Ventures. Investor lain termasuk perusahaan investasi SC Holdings, CEO Relevent Sports Group Daniel Sillman, dan lainnya. Namun ketentuan finansial dalam kesepakatan itu tidak diungkapkan.

Anne Worcester, penasihat strategis MLP, mengatakan bahwa negosiasi dimulai dengan grup kepemilikan baru pada Juli, lalu memuncak pada pertemuan di turnamen tenis AS Terbuka pada Agustus.

"Kami memiliki hubungan langsung ini atas hasrat mereka untuk bermain pickleball, hasrat mereka untuk menumbuhkan akar rumput pro pickleball. Mereka membawa begitu banyak pengalaman di seluruh pemasaran olahraga, media, branding," katanya.

Worcester mengatakan, permintaan untuk memiliki tim pickleball tergolong tinggi. Lebih dari 60 kelompok berbeda telah menyatakan minat mereka. Dia mengatakan nilai tim telah tumbuh secara eksponensial sejak 2021 ketika liga diluncurkan,

Sayangnya nama tim milik James dan Carter belum diketahui. Tim MLP saat ini tidak terhubung ke lokasi geografis, tetapi Worcester mengatakan ada kemungkinan perubahan pada tahun 2023.

James diketahui mendorong pembangunan ekonomi di kampung halamannya di Akron, Ohio. Siswa di I Promise School, sekolah umum yang ia dirikan, akan menghadiri final musim MLP mendatang di Columbus, Ohio, dari 14-16 Oktober. Turnamen akhir musim ini menghasilkan US$ 319.000 menjadikannya yang terbesar dalam sejarah olahraga.

Pickleball digambarkan sebagai olahraga campuran tenis, Ping-Pong, dan bulu tangkis, Olahraga ini telah menjadi hit rekreasi dan menarik investasi besar.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT