Cara Dapat BLT atau BSU Tahap 3, Ada Rp 600 Ribu Menanti

ADVERTISEMENT

Cara Dapat BLT atau BSU Tahap 3, Ada Rp 600 Ribu Menanti

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 10:14 WIB
Indonesian Rupiah - official currency of Indonesia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yoyochow23
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT gaji akan terus disalurkan. Bahkan, hingga kini sudah ada 7 juta orang penerima BSU atau BLT gaji.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam acara Penyerahan Bantuan Subsidi Upah di Ternate disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (28/9/2022).

"Kembali tadi kita menyampaikan bantuan subsidi upah di Kota Ternate, yang sampai hari ini di seluruh Indonesia sudah 7.077.550 orang penerima," kata Jokowi.

Sebelumnya, BLT gaji atau BSU tahap 3 secara resmi telah disalurkan pemerintah ke rekening penerima sejak Selasa (28/9/2022). BLT gaji atau BSU tahap 3 ini disalurkan pemerintah dengan nilai sebesar Rp 600.000.

Staf, Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyampaikan bahwa data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang. Setelah diterima Kemnaker, ada beberapa tahap yang perlu diselesaikan sebelum BLT gaji atau BSU tahap III disalurkan.

"Setelah data kita terima dari BPJS TK, maka data itu kita cleansing dulu. Dipadankan dengan penerima bantuan sosial lain (BLT Kemensos, kartu pra kerja, PKH dll). Juga dipilah agar tidak terikut ASN, TNI dan Polri di dalamnya," terang Dita.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Dita Indah Sari menyampaikan bahwa data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III ini ditargetkan BPJS sebanyak 3-4 juta orang. Setelah diterima Kemnaker, ada beberapa tahap yang perlu diselesaikan sebelum BLT gaji atau BSU tahap 3 disalurkan.

"Setelah data kita terima dari BPJS TK, maka data itu kita cleansing dulu. Dipadankan dengan penerima bantuan sosial lain (BLT Kemensos, kartu pra kerja, PKH dll). Juga dipilah agar tidak terikut ASN, TNI dan Polri di dalamnya," terang Dita.

Di sisi lain, perlu diingat bahwa proses pencairan BLT BBM atau BSU Tahap 3 hanya dapat dilakukan oleh peserta yang terdaftar. Dengan demikian, agar Rp 600 ribu tersebut bisa masuk rekeningmu, kamu harus terdaftar sebagai penerima terlebih dahulu.

Sedangkan untuk mengecek apakah nama kamu masuk sebagai penerima BSU tahap 3 dapat mengakses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id dan ikuti panduannya. Atau, kamu juga bisa ikuti langkah sebagai berikut.

Langkah-langkah Cek Penerima BLT BBM atau BSU Tahap 3:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id

2. Daftar akun apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Masuk/Login ke dalam akun Anda.

4. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

5. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi "Kamu terdaftar sebagai calon penerima BSU 2022" jika terdaftar sebagai penerima manfaat BSU tahap 3.

Sebagai catatan, notifikasi akan menyesuaikan tahapan penyerahan data calon penerima BLT gaji atau BSU tahap III dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Sedangkan untuk cara pencairan BLT atau BSU Tahap 3 agar Rp 600 ribu tersebut akan dilakukan melalui Bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus untuk yang bekerja di wilayah Aceh).

Jadi bila bantuan ini sudah dicairkan pemerintah, bank Himbara akan secara otomatis mengirimkan dana tersebut ke rekening penerima.

Namun bagi mereka yang tidak memiliki rekening di bank Himbara, tahun ini pemerintah telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam melakukan pencairannya. Jadi bila penerima BLT atau BSU Tahap 3 yang tidak memiliki rekening bank Himbara dapat mencairkannya di kantor Pos.

Simak juga video 'Menaker: 4 Juta Pekerja RI Sudah Terima BSU Senilai Rp 600 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT