Perhatian! Luhut Minta Pemda Belajar Ini buat Turunkan Inflasi

ADVERTISEMENT

Perhatian! Luhut Minta Pemda Belajar Ini buat Turunkan Inflasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 16:47 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Pemerintah memberikan dana insentif kepada 40 pemerintah daerah sebagai apresiasi atas kinerja meredam inflasi. Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar pemerintah daerah yang inflasinya masih tinggi belajar dari 40 daerah yang berhasil meredam inflasi.

Luhut memaparkan ada 10 pemerintah provinsi dan 40 pemerintah kabupaten dan kota yang mendapatkan apresiasi karena berhasil meredam inflasi.

"Pemerintah juga memberikan dana insentif daerah atas kinerja tahun berjalan 2022, apresiasi diberikan kepada 40 pemerintah daerah, 10 pemerintah provinsi dan 30 pemerintah kabupaten atau kota dengan kategori kinerja penurunan inflasi," ungkap Luhut dalam Agenda Pengarahan Presiden Joko Widodo ke seluruh Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah, di JCC Senayan, Kamis (29/9/2022).

Upaya-upaya dari 40 pemerintah daerah yang berhasil meredam inflasi tadi harus menjadi pelajaran bagi pemerintah daerah yang inflasinya masih tinggi.

"Upaya 40 daerah ini bisa jadi lesson and learned (pelajaran) di daerah lainnya untuk melakukan kebijakan inflasi daerah," tegas Luhut.

Menurut Luhut, beberapa hal yang dilakukan 40 pemerintah daerah tadi yang bisa dicontoh antara lain, peningkatan operasi pasar, program pangan subsidi, pengembangan urban farming, dan perluasan kerja sama antar daerah.

Pemerintah daerah juga diminta untuk lebih banyak memfasilitasi distribusi pasokan pangan dan juga penguatan pemanfaatan data secara mendetil.

Perlu diketahui, dalam agenda pengarahan khusus Presiden, Luhut menyampaikan laporan kinerja program pemerintah di bawah komando 3 Kementerian Koordinator kepada Presiden Joko Widodo. Mulai dari laporan inflasi hingga penanganan kemiskinan nasional.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah pusat menyuap hadiah kepada pemerintah daerah yang berhasil menurunkan inflasi di bawah level nasional. Hadiah itu berupa dana insentif daerah atau DID, besarnya mencapai Rp 10 miliar per daerah.

"Kita mungkin akan melihat kemungkinan memberikan Rp 10 miliar untuk masing-masing daerah yang bisa menurunkan (inflasi). Top 10 paling rendah di provinsi, kabupaten dan kota," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Selasa (13/9/2022) yang lalu.

Simak juga Video: Bukan Covid-19! Jokowi Sebut Ini yang Jadi Ancaman Terbesar Dunia

[Gambas:Video 20detik]




(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT