Cerita JK Telepon Sri Mulyani: Jangan Takut-takuti Orang Tahun Depan 'Kiamat'

ADVERTISEMENT

Cerita JK Telepon Sri Mulyani: Jangan Takut-takuti Orang Tahun Depan 'Kiamat'

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 28 Okt 2022 22:04 WIB
Jusuf Kalla (Haris-detikcom)
Foto: Jusuf Kalla (Haris-detikcom): Mantan Wapres Jusuf Kalla
Jakarta -

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti soal ancaman krisis ekonomi yang bergema dari pemerintah. Bahkan, pria yang akrab disapa JK ini sampai menelepon Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar tidak banyak mengeluarkan komentar soal krisis ekonomi yang menakuti masyarakat.

Menurut JK negeri ini sangat luas, tak semua wilayah menghadapi krisis. Dia meminta jangan sampai masyarakat menjadi takut ancaman krisis ekonomi.

"Saya bilang pada Sri Mulyani jangan takut-takut orang tahun depan akan kiamat (krisis ekonomi). Saya telepon jangan begitu, jangan kasih takut semua orang. Ini negeri luas, kalau ada masalah, hadapi, kita jangan takut," ungkap Jusuf Kalla dalam peringatan HUT 70 Tahun Kalla Group, di Grand Ballroom Kempinski Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

Malah Jusuf Kalla yakin Indonesia tidak akan mengalami krisis energi dan pangan karena menghasilkan komoditas itu secara mandiri.

"Beda kita dengan negara lain yang enggak punya energi. Jadi kita harus optimis, kalau ada masalah hadapi," kata Jusuf Kalla.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memang sering memperingatkan ancaman resesi di tengah gejolak ekonomi global. Bahkan menurutnya, dunia dipastikan akan resesi tahun 2023.

Sri Mulyani pernah mengatakan, banyak negara di dunia menaikkan suku bunga acuan secara ekstrim dan bersama-sama. Hal ini memicu terjadinya inflasi sampai resesi.

"Bank dunia sudah menyampaikan kalau bank sentral seluruh dunia melakukan peningkatan suku bunga secara cukup ekstrim dan bersama-sama, maka dunia pasti mengalami resesi di tahun 2023," katanya dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Senin (26/9/2022).

(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT