TV Analog Dimatikan, Penjualan TV Digital di Tokopedia Naik 2,5x Lipat

ADVERTISEMENT

TV Analog Dimatikan, Penjualan TV Digital di Tokopedia Naik 2,5x Lipat

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Selasa, 08 Nov 2022 15:44 WIB
Tokopedia
Foto: Tokopedia
Jakarta -

Tokopedia mencatat transaksi TV Digital naik 2,5 kali lipat selama satu tahun terakhir lewat platform-nya. Hal itu terungkap dalam laporan kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama kuartal III 2022 di Tokopedia.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan seiring berkembangnya teknologi, masyarakat semakin tidak dapat terlepas dari kebutuhan akan gadget. Terlebih saat ini hampir seluruh aktivitas masyarakat ditunjang dengan berbagai fitur gadget.

"Rumah Tangga, Elektronik, HP dan Gadget, Fesyen dan Kecantikan menjadi beberapa kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama kuartal III 2022 di Tokopedia," jelas Ekhel dalam keterangan tertulis, Selasa (8/11/2022).

Tren Belanja Elektronik dan Promo TV Digital di Tokopedia

Pemerintah telah mulai menerapkan migrasi siaran televisi di wilayah Indonesia, khususnya Jabodetabek dari sistem analog ke sistem digital pada 2 November 2022 lalu. Ekhel menyebut mulai diberlakukannya kebijakan ini membuat adanya peningkatan transaksi produk elektronik di beberapa wilayah.

Adapun wilayah yang paling tinggi, antara lain Barru (Sulawesi Selatan), Palopo (Sumatra Barat), dan Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat). Di sisi lain, TV Box (Set Top Box), receiver TV, earphone, televisi dan bohlam menjadi beberapa produk elektronik yang paling banyak dibeli di Tokopedia.

"Kami juga melihat jumlah transaksi produk TV Digital meningkat lebih dari 2,5 kali lipat selama satu tahun terakhir, dibanding tahun sebelumnya," tambah Ekhel.

Melihat hal ini, Tokopedia turut mempermudah masyarakat bermigrasi dari TV Analog ke TV Digital melalui berbagai penawaran promo spesial untuk pembelian TV Digital dan perangkatnya. Promo ini termasuk cashback hingga Rp 300.000 dan bebas ongkir, serta Mega Electrodeals yang menyediakan deretan produk elektronik pilihan dengan diskon hingga 80% dan cashback hingga Rp 600.000.

Tren Belanja HP dan Gadget di Tokopedia

Sama halnya dengan kategori Elektronik, Ekhel mengatakan kategori HP dan Gadget juga menjadi salah satu kategori favorit di Tokopedia pada kuartal III 2022.

"Berbagai produk iPhone, produk handphone Android dari berbagai brand, kabel data, charger handphone dan pelindung layar HP menjadi beberapa produk yang paling sering dibeli masyarakat di Tokopedia sepanjang kuartal III 2022," katanya.

Sepanjang periode kuartal III 2022, lanjut Ekhel, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi produk HP dan Gadget di beberapa wilayah, seperti Kebumen (Jawa Tengah), Tanah Datar (Sumatera Barat) dan Rote Ndao (Nusa Tenggara Timur).

Klik halaman selanjutnya >>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT