Programmer Jadi Barang Langka di RI, Segini Gaji dan Biaya Kuliahnya

ADVERTISEMENT

Programmer Jadi Barang Langka di RI, Segini Gaji dan Biaya Kuliahnya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 09 Nov 2022 07:00 WIB
Developing programmer Development Website design and coding technologies working at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/SARINYAPINNGAM
Jakarta -

Di tengah pesatnya perkembangan digitalisasi, pekerjaan sebagai programmer semakin dibutuhkan. Sayangnya, jumlah talenta programmer di Indonesia disebut kurang mencukupi.

Saking sulitnya, Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan Indonesia harus merekrut programmer dari Vietnam, India dan Australia.

"Nyari orang, nyari programmer susah, beberapa bahkan akibatnya harus hire dari India, dari Vietnam, dari Australia dan beberapa negara lain untuk memenuhi kebutuhan ini," katanya.

Meski disebut sulit, padahal banyak kampus yang menyediakan jurusan untuk jadi programmer. Salah satunya adalah Universitas Indonesia.

Melansir dari situs resmi Universitas Indonesia, Selasa (8/11/2022), Biaya Operasional Pendidikan (BOP) atau uang per semesternya mencapai Rp 10.000.000. Ada juga uang pangkal sebesar Rp 50.000.000 yang harus dibayar saat pertama masuk.

Di Universitas Diponegoro, biaya kuliah per semester berkisar antara Rp 500.000 sampai Rp 9.500.000. Perbedaan uang semester ini ditentukan dari penghasilan orang tua.

Menjadi programmer juga bisa melalui jurusan rekayasa perangkat lunak di Telkom University. Biaya penyelenggaraan pendidikan atau uang semesternya adalah sebesar Rp 9.000.000.

Ada biaya UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan) atau uang pembangunan Rp 9.000.000. Lalu ada juga SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan Reguler) atau uang sumbangan Rp 9.000.000.

Dengan biaya kuliah sebesar itu, lantas berapa gaji menjadi programmer?

Mengutip Glassdoor, Selasa (8/11/2022), estimasi gaji rata-rata programmer di Indonesia mencapai Rp 6,3 juta per bulan. Namun, ada juga programmer yang bisa menerima gaji hingga Rp 17 juta per bulan tergantung level dan tunjangan yang didapat.

Sementara itu, SalaryExplorer mencatat pendapatan rata-rata programmer di Indonesia adalah Rp 12,8 juta per bulan. Gaji terendahnya Rp 5,8 juta, sementara tertingginya adalah Rp 20,3 juta.

Lalu, Indeed memperkirakan gaji rata-rata programmer di Indonesia adalah Rp 7,6 juta per bulan. Estimasi ini berdasarkan laporan yang diperbarui 6 September 2022.

Itulah biaya kuliah dan gaji seorang programmer. Menurut kamu, apakah sepadan antara biaya kuliah dan gaji jadi programmer?

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT