Cegah PHK Massal, Menaker Usul Gaji Direktur Perusahaan Dipangkas!

ADVERTISEMENT

Cegah PHK Massal, Menaker Usul Gaji Direktur Perusahaan Dipangkas!

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 18:05 WIB
Menaker pastikan BLT subsidi gaji Rp 600 ribu bukan hoax
Menaker Ida Fauziyah/Foto: Dok. Kementerian Ketenagakerjaan
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengimbau kepada perusahaan agar menjadikan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai pilihan terakhir dalam situasi sulit. Terlebih dahulu, perusahaan diminta melakukan alternatif lain.

Alternatif tersebut sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menaker Nomor 907 Tahun 2004 tentang Pencegahan Pemutusan Hubungan Kerja Massal. Salah upaya yang bisa dilakukan pengusaha untuk menghindarkan PHK adalah mengurangi upah dan fasilitas pimpinan perusahaan.

"Beberapa upaya yang bisa kita lakukan antara lain mengurangi upah dan fasilitas pekerja pekerja tingkat atas, misalnya tingkat manajer dan tingkat direktur," kata Ida dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, ditulis Kamis (10/11/2022).

Alternatif lainnya, yakni mengurangi shift, membatasi atau menghapuskan kerja lembur, mengurangi jam kerja, mengurangi hari kerja, meliburkan atau merumahkan pekerja secara bergilir untuk sementara waktu, tidak memperpanjang kontrak bagi pekerja yang sudah habis masa kontraknya, dan memberikan pensiun bagi yang sudah memenuhi syarat.

"Ini pemilihan beberapa alternatif saya kira yang bisa digunakan untuk menekan tidak terjadinya PHK. Saya berharap sekali PHK adalah benar-benar pilihan terakhir, sudah nggak ada pilihan lagi setelah alternatif itu dilakukan," tegasnya.

Ida menjelaskan bahwa semua alternatif yang dilakukan harus dilandasi oleh dialog bipartit antara pemberi kerja dan pekerja. Dia meyakini jika hubungan terjalin harmonis, pekerja akan mengerti bagaimana kondisi di perusahaan atau industri tempatnya bekerja.

"Dengan terbuka saya kira perlu dilakukan dialog dengan data, saya kira mereka juga merasakan bagaimana dampaknya itu," ujarnya.

"Sekali lagi saya menekankan pentingnya membangun dialog bipartit itu dan dengan beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh perusahaan," tandasnya.



Simak Video "Upah Minimum 2023 Sedang Digodok, November akan Ditetapkan"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT