Investasi di Jakarta Tembus Rp 108,9 T, Tertinggi Se-Indonesia

ADVERTISEMENT

Investasi di Jakarta Tembus Rp 108,9 T, Tertinggi Se-Indonesia

Anggi Muliawati - detikFinance
Jumat, 11 Nov 2022 15:06 WIB
BPS telah resmi mengumumkan data pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2021. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 3,51% secara year on year (yoy).
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menempati urutan pertama dalam realisasi investasi. Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 64,8 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 44,1 triliun.

Hal ini membuat realisasi Investasi PMA dan PMDN DKI pada periode Januari hingga September 2022 sebesar Rp 108,9 triliun.

"Alhamdulillah, kinerja investasi DKI Jakarta mencatatkan hasil yang positif. Secara kumulatif realisasi investasi PMA dan PMDN DKI Jakarta periode Januari sampai dengan September 2022, sebesar Rp 108,9 triliun," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022).

Benni mengatakan pencapaian tersebut menjadi salah satu bukti keberhasilan Pemprov DKI dalam menangani kasus COVID-19. Menurutnya, keberhasilan itu tidak lepas dari peran pemerintah dalam mendorong transformasi perekonomian.

"Hal ini menjadi salah satu bukti transformasi perekonomian melalui kebijakan Undang- Undang Cipta Kerja dan juga keberhasilan Pemprov DKI Jakarta dalam menangani kasus COVID-19 secara optimal selama 2 tahun terakhir," ujarnya.

Benni mengatakan capaian tahun 2022 meningkat 50,2 persen, jika dibandingkan tahun 2021 sebesar Rp 72,5 triliun. Oleh sebab itu, Benni meyakini Pemprov DKI dapat memenuhi target realisasi investasi sebesar Rp 124,5 triliun.

"Terjaganya pertumbuhan investasi ini membuat kami yakin bahwa DKI Jakarta mampu menyentuh target realisasi investasi 2022, sebesar Rp 124,5 triliun," ujar Beni.

Lebih lanjut, Benni mengatakan realisasi investasi PMA dan PMDN berdasarkan wilayah Kota Administrasi di DKI Jakarta, Jakarta Selatan menjadi Kota Administrasi dengan realisasi investasi terbesar sebesar Rp 53,6 triliun. Kemudian, disusul oleh Jakarta Pusat sebesar Rp 21,19 triliun.

"Di urutan ketiga ditempati Kota Administrasi Jakarta Timur yang mencatatkan realisasi investasi sebesar Rp 17,76 triliun, selanjutnya Kota Administrasi Jakarta Utara dengan nilai Rp 9,22 triliun, Kota Administrasi Jakarta Barat sebesar Rp7,13 triliun, dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan realisasi investasi sebesar Rp 684 juta," tuturnya.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT