Tambah Lagi Mal Korban Pandemi: Ratu Plaza Kini Kosong Melompong

ADVERTISEMENT

Tambah Lagi Mal Korban Pandemi: Ratu Plaza Kini Kosong Melompong

tim detikcom - detikFinance
Jumat, 09 Des 2022 14:13 WIB
Suasana Sepinya Ratu Plaza, Senayan, Jakarta Pusat
Suasana Sepinya Ratu Plaza, Senayan, Jakarta Pusat Foto: (Tim detikcom)
Jakarta -

Ratu Plaza merupakan salah satu mal yang berada di Jakarta Pusat. Dulunya, mal ini merupakan salah satu mal ternama dan populer pada masanya. Kini, keadaannya sangat sepi pengunjung.

Dari pantauan detikcom, Jum'at (9/12/2022) sekitar pukul 10.23 WIB, tidak banyak pengunjung yang wara wiri di Ratu Plaza. Mal ini juga sudah banyak ditinggalkan pedagang. Hal ini terlihat dari banyaknya toko yang tutup.

Dari pintu depan Ratu Plaza, tidak banyak orang terlihat. Hanya ada satpam dan resepsionis saja. Masuk ke lantai dasar pun sama sepinya. Hanya ada beberapa toko elektronik dan gerai makanan yang terlihat membuka tokonya.

Ketika ingin naik ke lantai atas, tampak beberapa eskalator yang tidak berfungsi.

Hal ini juga terlihat pada lantai 1, 2, dan 3.

Memasuki waktu makan siang sekitar pukul 11.00 WIB hingga 12.20 WIB, mal ini mulai nampak "hidup". Namun, hal ini hanya terjadi di lantai dasar saja, di mana gerai makanan berada. Meski sudah memasuki waktu makan siang, penambahan jumlah pengunjung tidak terlalu signifikan.

Salah satu pegawai di gerai makanan mengatakan kalau sejak pandemi COVID-19, kondisi Ratu Plaza selalu sepi.

"Memang sepi di dalam (mal). Dari habis pandemi sampai sekarang. Paling ramai siang, orang kantor pada makan siang. Yang rame sisa di lantai 3, di lantai bawah sepi," tuturnya kepada detikcom, Jum'at (9/12/2022).

Hal ini juga diungkapkan oleh salah satu pedagang elektronik di lantai 3 mal Ratu Plaza.

"Dari pas COVID pertama. Itu udah mulai sepi. Dari pas PPKM diterapkan deh, itu udah mulai sepi," ucapnya kepada detikcom.

Ia menambahkan, hal itu karena gedung mal Ratu Plaza sempat ditutup pada saat pertama kali pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

"Kalau sekarang pengunjungnya aja bisa kehitung pakai jari lah tiap harinya itu yang berkunjung ke sini berapa orang," tuturnya.

Meski demikian, menurutnya saat ini kondisinya masih lebih baik jika dibandingkan pada awal pandemi COVID-19. Meskipun masih terbilang sepi, tetapi setidaknya ada pengunjung yang datang setiap harinya.

Berkaitan dengan sepinya pengunjung mal, detikcom sudah berusaha memintai keterangan pihak pengelola mal. Namun saat didatangi ke kantornya, pihak pengelola sedang tak ada di tempat dan tak bisa dihubungi.

Ratu Plaza tentu bukan satu-satunya mal yang sepi pengunjung di Jakarta. Catatan detikcom, ada Glodok City yang seakan tak mampu bertahan di tengah gempuran pusat perbelanjaan baru yang mulai menjamur serta maraknya toko online. Kondisi pandemi COVID-19 yang melanda RI pun menjadi pukulan telak.

Lalu ada Mal Blok M yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta. Kini pusat perbelanjaan itu seakan terlupakan dan sepi dari aktivitas jual-beli.

Lalu ada juga Plaza Semanggi. Kondisi Plaza Semanggi di Jakarta Selatan sudah tak ramai seperti dulu. Kini, mal tersebut sangat sepi yang terlihat dari banyaknya toko yang tutup dan minimnya pengunjung.

Padahal, lokasi pusat perbelanjaan ini sangat strategis. Lokasi mal berdekatan dengan Jalan Gatot Subroto dan Sudirman.

Ada juga mal-mal lain yang senasib dengan mereka di Jakarta.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT