Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 21:00 WIB

Tahun 2018, Semen Indonesia Ekspor Semen 3 Juta Ton

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Semen Indonesia Foto: Semen Indonesia
Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mencatatkan kinerja apik dalam ekspor yang cukup signifikan. Pertumbuhan pengapalan semen ke luar negeri ini melonjak cukup tinggi.

Sepanjang tahun lalu, ekspor semen dari fasilitas produksi di Indonesia mencapai 3,15 juta ton, atau naik 68,7% dibanding tahun 2017 yang hanya mencatatkan 1,87 juta ton. Sementara total penjualan semen baik domestik maupun ekspor sepanjang 2018 tercatat sebesar 33,15 juta ton, termasuk penjualan dari Thang Long Cement (TLCC) di Vietnam.

Jika melihat kinerja ekspir selama kuartal I-2019, volume penjualan ekspor perseroan dari fasilitas produksi di Indonesia tercatat sebesar 757 ribu ton, naik sebesar 13,84% dibanding periode yang sama pada 1Q18 sebesar 665 ribu ton.

Dalam paparan publik SMGR, Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso, mengungkapkan pihaknya saat terus berupaya melakukan konsolidasi seluruh aset pasca akuisisi Holcim Indonesia lewat anak usaha, PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIBB).


"Tak hanya TLCC, tapi keseluruhan portofolio grup sedang dalam proses pengkajian (konsolidasi). Kita baru mengakuisisi Semen Holcim, sebelumnya kita sudah ada Semen Tonasa, Semen Gresik, Padang, TLCC, kemudian masuk Holcim yang memiliki aset plant di Narogong, Cilacap, dan Tuban," jelas Hendi.

Menurutnya, pasca pembelian mayoritas saham Holcim, Semen Indonesia akan mengkonsolidasi semua aset Holcim dengan anggota holding lainnya untuk mencapai operasional yang lebih efisien.

"Ini tidak hanya pabrik semen, tapi ada sejumlah packing plant (eks Holcim). Kemudian ada non pabrik semen seperti tambang agregat batu pasir dan sebagainya untuk mendukung visi perusahaan ke depan, tak hanya semen, tapi bahan bangunan atau beyond cement," ujar Hendi.

(mpr/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com