Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Jan 2020 14:10 WIB

Ini Deretan Saham Gocap yang Dikoleksi Asabri

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Setelah PT Asuransi Jiwasraya, kini PT Asabri (Persero) kini menjadi sorotan. Disinyalir pengelola dana pensiun TNI dan Polri itu memiliki kasus yang sama dan salah satu penyebabnya adalah investasi di saham gorengan.

Berdasarkan penelusuran detikcom, mengutip data KSEI dan RTI, ada beberapa portofolio saham Asabri di saham lapis tiga. Beberapa di antaranya kini berada di harga paling dasar Rp 50 per lembar alias gocap.

Seperti pada saham PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP). Asabri tercatat memegang 1,82 miliar lembar saham atau setara 5,44% dari seluruh modal yang disetor perusahaan.

Kemudian ada saham PT SMR Utama Tbk (SMRU). Asabri memegang 826,7 juta lembar saham SMRU atau setara 6,614%.



Lalu di saham PT Sido Mulyo Tbk (SDMU), Asabri memegang 205 juta lembar yang setara 18,06% dan saham PT Hanson International Tbk (MYRX) sebanyak 4,68 miliar lembar setara 5,4%. Semua saham itu kini merupakan saham gocapan.

Sebelumnya Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga membenarkan Asabri investasi di saham-saham yang kualitasnya tidak bagus alias gorengan. Namun, ia tak menyebut saham-saham yang dimaksud.

"Soal dia memang ada bermain invest seperti itu, dari laporan kami terima memang ada juga invest yang saham di saham yang tidak bagus," ujarnya.



Simak Video "Erick Sebut Keuangan Asabri Stabil, Mahfud Minta Prajurit Tak Khawatir"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com