Jack Ma Jual 1,6% Saham di Alibaba, Nilainya Rp 138 Triliun

Auila Damayanti - detikFinance
Senin, 13 Jul 2020 15:45 WIB
jack ma
Foto: Denny Pratama/Infografis
Jakarta -

Jack Ma memangkas kepemilikan sahamnya di Alibaba Group Holding selama setahun terakhir sebesar 1,6% dari 6,4% menjadi 4,8%. Total saham yang dicarikan sebesar US$ 9,6 miliar setara Rp 138 triliun (kurs Rp 14.400) sesuai harga saham saat ini.

Dikutip dari Reuters, Senin (13/7/2020) pelepasan sejumlah saham Jack Ma di Alibaba diumumkan pada pengajuan tahunan perusahaan di Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang rilis Jumat pekan lalu.

Divestasi ini dilakukan Jack Ma setelah dirinya pensiun sebagai petinggi di Alibaba pada September 2019 dan menarik diri dari dunia bisnis. Kini Jack Ma memfokuskan dirinya sebagai filantropi.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS menyatakan berdasarkan pengajuan April 2019 Jack Ma berencana menjual hingga 21 juta sahamnya di Alibaba dalam satu tahun untuk mendukung upaya filantropisnya.

Selain Jack Ma, Wakil Ketua Eksekutif Alibaba Joseph Tsai juga mengurangi kepemilikan saham di perusahaan selama periode yang sama, dari 2,3% menjadi 1,6%. Saham yang dijual senilai US$ 4,1 miliar (Rp 59 triliun).

Jack Ma dan Joseph Tsai sejak saat ini tidak terlalu terlibat pada jalan bisnis Alibaba sejak Daniel Zhang diumumkan sebagai penerus Jack Ma sebagai Ketua Eksekutif Alibaba.

Sepanjang tahun ini, keduanya memfokuskan diri ke dunia kemanusiaan. Sejak adanya virus Corona keduanya telah menyumbangkan jutaan unit alat pelindung diri (APD) melalui badan amal ke rumah sakit di seluruh dunia untuk membantu memerangi penyebaran virus Corona (COVID-19).

Hingga saat ini kinerja saham Alibaba telah dibantu oleh pertumbuhan pendapatan sejak virus Corona yang memaksa orang berbelanja online.



Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)