Laporan Laba Disney Bikin Bursa Saham AS Bergairah

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 21:15 WIB
Bursa saham Wall Street di AS
Foto: Reuters
Jakarta -

Pasar modal Amerika Serikat (AS) kembali berada di zona positif. Hari ini berbagai indeks saham di AS menunjukkan penguatan.

Melansir Reuters, Rabu malam (5/8/2020), penguatan bursa saham AS didorong oleh laporan keuangan kuartal II-2020 Disney yang menunjukkan hasil yang positif.

Ditambah beberapa sentimen positif dari perusahaan kesehatan yang mendorong saham-saham sektor jasa.

Dow Jones Industrial Average dibuka naik 96,31 poin, atau 0,36%, menjadi 26.924,78.

S&P 500 dibuka lebih tinggi 13,75 poin, atau 0,42%, ke level 3.320,26. Sedangkan Nasdaq Composite naik 26,71 poin, atau 0,24%, menjadi 10.967,87.

Mengutip CNBCIndonesia, Kabar bagus itu menetralisir berita buruk dari sektor tenaga kerja. ADP mencatat hanya ada pembukaan lapangan kerja baru sebanyak 167.000 orang pada bulan Juli. Angka itu jauh dari konsensus ekonom dalam polling Dow Jones yang mengekspektasikan angka 1 juta pekerja baru. Pada Juni, angka penyerapan tenaga kerja baru mencapai 2,37 juta.

Selain itu, pelaku pasar mencermati hasil survei Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers' Index/ PMI) non-manufaktur. Ekonom dalam polling Dow Jones, memperkirakan angkanya di level 55, masih ekspansif, tetapi terhitung turun dari posisi Juni sebesar 57,1.

Investor juga memonitor negosiasi paket stimulus yang baru. Sejauh ini, kubu Demokrat dan Republik telah sepakat mengenai dana lump sum senilai US$ 1.200 untuk penganggur tetapi masih belum sepakat mengenai nilai tunjangan pengangguran.

"Menurut saya ekspektasi pasar adalah bahwa kita bakal mendapati stimulus tersebut," tutur Lindsay Bell, analis Ally Invest kepada CNBC International.

Harian Wall Street Journal pada Selasa memberitakan bahwa Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Wakil Perdana Menteri China Liu akan bertemu pertengahan Agustus ini untuk mendiskusikan kesepakatan dagang fase satu antara AS dan China.



Simak Video "Wall Street Ikut 'Terinfeksi' Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)