Digugat Pailit, Ini Sejarah Ace Hardware di RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 07 Okt 2020 14:35 WIB
Toko peralatan rumah dan segala ada Ace Hardware
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Ace Hardware Indonesia Tbk digugat pailit di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat oleh Wibowo & Partners. Gugatan ini diajukan dengan nomor perkara 329/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Ace Hardware merupakan pusat perlengkapan perkakas rumah tangga, teknik dan industri yang didirikan pada 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Kawan Lama Sejahtera.

PT Ace Hardware Indonesia Tbk merupakan pemegang lisensi tunggal Ace Hardware di Indonesia yang ditunjuk langsung oleh Ace Hardware Corporation, Amerika Serikat (AS).

Mengutip laman resmi acehardware.co.id, toko Ace Hardware Indonesia pertama dibuka di Supermal Karawaci, Tangerang pada 1995. Pada tahun yang sama, diikuti rentetan toko lain di berbagai wilayah secara cepat. Pertumbuhan pesat ini ditunjang penuh oleh berbagai gudang logistik di titik-titik sentral, sistem distribusi modern yang terintegrasi, beserta para staf profesional yang kemampuannya senantiasa ditingkatkan via berbagai training, seminar, dan sistem peningkatan keterampilan yang lain.

Saat ini Ace Hardware adalah pionir dan pusat perlengkapan rumah & gaya hidup terlengkap dengan 156 toko di beraneka pusat keramaian pada kota-kota besar di Indonesia. Toko Ace Hardware terbesar, yang sekaligus paling besar di dunia, terletak di Alam Sutera, Serpong.

Ace Hardware Alam Sutera merupakan flagship di Indonesia, yang memiliki luas 15.000 meter persegi, dan menyediakan lebih dari 75.000 tipe produk berkualitas dalam kategori lengkap.

Ace Hardware juga kerap mendapatkan penganugerahan Quality Management System ISO 9001-2000 Certificate, membuat ACE menjadi toko perlengkapan rumah pertama yang mendapat sertifikat tersebut di Indonesia. Tahun 2011 ACE juga menerima SERVICE QUALITY GOLDEN AWARD 2011 dalam kategori Modern Home Builder & Retailer, dari SERVICE EXCELLENCE Magazine (Grup Majalah Marketing) & Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre - CCSL).

Ace Hardware berusaha untuk menjadi pemimpin dalam konsep Do-It-Yourself (kerjakan secara mandiri). "Yang berarti, kami tak hanya menyediakan produk, namun juga pengetahuan yang diperlukan dalam memasang, mengoperasikan, serta memelihara produk tersebut dengan tepat - agar didapat nilai manfaat maksimal. Harapan kami, dengan bantuan ACE, semua orang dapat menjadi ahli," tulis keterangan di laman resmi, dikutip Rabu (7/10/2020).

Ace Hardware memiliki konsep The Helpful Place yang menyediakan beraneka kebutuhan yang jamak ditemui pelanggan sehari-hari. Ace Hardware juga didukung dengan tersedianya pembelanjaan secara online dengan belanja melalui ruparupa.com.

(kil/ara)