China Desak AS Setop Berhubungan Dengan Taiwan

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 11 Nov 2020 21:47 WIB
Paspor Taiwan
Foto: CNN
Jakarta -

China mendesak Amerika Serikat (AS) setop atau berhenti meningkatkan hubungan dengan Taiwan. Hal itu diusulkan setelah AS dan Taipei mengumumkan bahwa akan mengadakan pembicaraan ekonomi pada bulan ini.

Melansir Reuters, Rabu (11/11/2020) China mengangap Taiwan sebagai negara yang diperintahkan secara demokratis. Dengan begitu Taiwan sebagai wilayahnya sendiri tanpa hak untuk hubungan formal dengan negara lain.

Taiwan akan mengirimkan delegasi ke Washington, delegasi itu dipimpin oleh Wakil Menteri Urusan Ekoomi, Chen Chern-chy. Pertemuan dalam rangka dialog kemitraan kemakmuran ekonomi AS-Taiwan pada 20 November.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin mengatakan China menantang setiap pertukaran resmi antara Washington dan Taipei.

"China mendesak Amerika Serikat untuk menghentikan segala jenis pertukaran resmi atau kontak dengan Taiwan dan berhenti meningkatkan hubungan substantif," katanya.

Sementara Kementerian Luar Negeri Taiwan menyambut baik rencana pembicaraan tersebut.

"Dialog ini merupakan tonggak penting hubungan ekonomi Taiwan-AS. Ini menunjukkan bahwa Taiwan dan Amerika Serikat akan mengembangkan kerja sama yang lebih luas di bawah kemitraan ekonomi strategis mereka," katanya.

(hek/dna)