Vaksin Moderna Bikin Dow Jones dan S&P Cetak Rekor 

Hendra Kusuma - detikFinance
Selasa, 17 Nov 2020 07:50 WIB
Traders work on the trading floor on the final day of trading for the year at the New York Stock Exchange (NYSE) in Manhattan, New York, U.S., December 29, 2017. REUTERS/Andrew Kelly
Wall Street/Foto: Reuters
Jakarta -

Indeks utama saham Amerika Serikat (AS) menguat setelah Moderna mengumumkan eksperimen mengenai vaksin COVID-19 berhasil efektif. Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 sama-sama mencatat rekor tertinggi. Dow naik 1,6% atau 471 poin dengan indeks ditutup sekitar 50 poin di bawah 30.000.

Ini menjadi level yang belum pernah terjadi dalam sejarah. Sementara S&P 500 ditutup naik 1,2%, dan Nasdaq Composite naik sekitar 0,8%.

Mengutip CNN, Selasa (17/11/2020), saham Moderna (MRNA) sendiri ditutup 9,6% lebih tinggi setelah perusahaan mengumumkan hasil uji coba fase 3 vaksin yang hasilnya 94,5% efektif melawan virus Corona.

Sebelum Moderna, Pfizer (PFE) sudah mengumumkan hasil uji coba vaksin yang diproduksinya pekan lalu. Perusahaan menyebut vaksin yang dikembangkan bersama produsen obat asal Jerman yaitu BioNTech 90% efektif melawan COVID-19.

Ada lusinan lagi vaksin potensial yang sedang dikembangkan. Namun hasil uji coba yang dilakukan Moderna dan Pfizer menjadikan vaksin sebagai cara efektif melawan COVID-19.

Dalam catatan penelitiannya, Kepala kelompok ekonom di Capital Economics, Neil Shearing menyebut hasil uji coba vaksin Moderna diibaratkan seperti cahaya yang berada di ujung terowongan.

"Lupakan fakta bahwa Presiden Trump telah menolak untuk mengakui kekalahan dalam pemilihan AS, atau bahwa Eropa dan AS tentang dicengkram gelombang baru virus (second wave), atau bahwa tenggat waktu Brexit telah berlalu dan tanpa kesepakatan semakin dekat. Namun pasar fokus pada kemungkinan terobosan vaksin," tulisnya.

Pihak Moderna menyatakan sekitar 20 juta dosis vaksinnya siap dikirim ke negeri Paman Sam pada akhir tahun 2020. Perusahaan sedang memproduksi 500 juta hingga 1 miliar dosis yang akan disebar secara global.

(hek/ara)