3 Fakta Melejitnya Saham MCAS Setelah Di-mention Raffi Ahmad-Ari Lasso

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 18:30 WIB
Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021) gegara Raffi Ahmad dan Ari Lasso mempromosikannya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Artis papan atas sekaligus influencer Raffi Ahmad dan Ari Lasso 'mempromosikan' saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) pada Senin kemarin. Sehari setelah, harga saham perusahaan melejit.

Raffi dan Ari memberi testimoni terhadap saham MCAS melalui akun Instagram masing-masing. Berikut ini fakta-faktanya:

1. Saham MCAS Melejit 8,33%

Saham MCAS ditutup di Rp 4.550, naik 350 poin atau 8,33% dalam perdagangan kemarin, sementara hari sebelumnya ditutup di Rp 4.200.

Harga saham MCAS sempat menyentuh Rp 4.600 pada perdagangan kemarin setelah dibuka di Rp 4.230. Sementara posisi terendah sempat ada di Rp 4.220.

Total nilai transaksi saham MCAS tercatat mencapai Rp 21,18 miliar dengan total volume saham yang ditransaksikan mencapai 4,67 juta lot.

2. Raffi dan Ari Bantah Endorse

Raffi Ahmad membantah tuduhan dirinya di-endorse oleh MCAS untuk mempromosikan saham perusahaan tersebut. Raffi mengatakan dirinya hanya menceritakan pengalamannya saja dalam 'bermain' saham.

"Gua tuh sebenarnya kemarin hanya sharing aja buat kalian. Tapi emang heboh sih, karena mungkin main saham itu lagi in banget guys. Tapi balik lagi ya kemarin kan gua cuma cerita pengalaman gua aja. Itu bukan endorse," kata Raffi lewat unggahan video di Instagramnya, @raffinagita1717.

Sementara sang mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso sejak awal sudah menekankan tak di-endorse.

"Ini bukan endorse, ini bukan apapun, saya cuma pengin berbagi teman-teman agar memikirkan kesadaran berinvestasi dengan instrumen yang tepat. Oke? selamat belajar tentang investasi. Kita harus belajar mempersiapkan masa depan kita," ungkapnya di akun Instagram @ari_lasso.

3. Dipastikan Tak Ada Hubungan Bisnis

Pihak MCAS pun secara resmi memberi jawaban. Berdasarkan keterangan Sekretaris Perusahaan MCAS Rachel Stephanie M, pihaknya tidak melakukan endorsement.

Dia menyatakan baik Raffi maupun Ari merekomendasikan saham MCAS sebagai keputusan pribadi mereka.

"Sehubungan dengan testimoni dari kedua public figure yang dimaksud, perlu kami sampaikan bahwa keputusan investasi dari Bapak Raffi Ahmad dan Bapak Ari Lasso merupakan keputusan personal dan Perseroan tidak memiliki hubungan bisnis dengan kedua public figure tersebut," kata dia melalui pernyataan tertulis.

(toy/zlf)