Raffi Ahmad dan Ari Lasso Jawab Tudingan Di-endorse MCAS

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 07 Jan 2021 07:25 WIB
Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021) gegara Raffi Ahmad dan Ari Lasso mempromosikannya.
Foto: Grandyos Zafna

Ari Lasso mengatakan, unggahan soal MCAS di Instagramnya, @ari_lasso merupakan euforia saat mencoba 'bermain' saham. Ari Lasso menyatakan dirinya bukan endorser atau influencer yang mempromosikan saham perusahaan tersebut.

Namun, dirinya tak menyangka apa yang dibagikannya justru menimbulkan masalah karena menyenggol beberapa aturan tertentu.

"Pertama aku tuh bukan endorser atau influencer yang mem-promote perusahaan (MCAS) tersebut, yang terkait saham tersebut. Aku tuh kemarin bener-bener euforia aja, pengin membagikan apa yang aku alami. Tapi ternyata sekadar membagikan berita atau yang kita alami ada beberapa aturan dan bisa mengandung sensitivitas tertentu," ungkap Ari Lasso.

Tak jauh berbeda seperti Raffi Ahmad, Ari Lasso juga mengatakan kepada followers-nya untuk melakukan riset mendalam sebelum menginvestasikan uang ke saham. Dia mengatakan dirinya tak meminta agar followers-nya membeli saham MCAS.

"Oke, jadi sekali lagi saya lurusin, gua tidak merekomendasiin apapun. Gua tidak nyuruh kalian beli (MCAS), keputusan di tangan kalian, yang terpenting harus dipelajari dulu semuanya, semua hal. Apalagi membeli hal-hal yang mungkin bukan kebiasaan kita," jelas Ari Lasso.

Sebagai informasi, sebelumnya saham MCAS melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021). Sehari sebelumnya, Raffi Ahmad dan Ari Lasso kompak 'mempromosikan' saham MCAS lewat unggahan di Instagram.

Alhasil, saham MCAS ditutup meroket di level Rp 4.550, naik 350 poin atau 8,33% dalam perdagangan kemarin, sementara hari sebelumnya ditutup di Rp 4.200.

Harga saham MCAS sempat menyentuh Rp 4.600 pada perdagangan kemarin setelah dibuka di Rp 4.230. Sementara posisi terendah sempat ada di Rp 4.220.

Total nilai transaksi saham MCAS tercatat mencapai Rp 21,18 miliar dengan total volume saham yang ditransaksikan mencapai 4,67 juta lot.

Bursa Efek Indonesia (BEI) juga buka suara, institusi itu akan mengaku akan memanggil Raffi Ahmad, Ari Lasso, dan para influencer lainnya yang melakukan rekomendasi saham.

Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan pihaknya akan mengajak diskusi para influencer tersebut soal aturan yang berlaku.

Di satu sisi, otoritas bursa menyambut positif influencer yang berbicara soal saham, salah satunya yang dilakukan Raffi Ahmad dan Ari Lasso pada saham MCAS. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mereka, salah satunya potensi tuntutan hukum.

"Perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower-nya dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan. Kita juga mengajak mereka ikut Sekolah Pasar Modal bagi yang belum pernah mengikuti," kata Laksono kepada wartawan pada hari Selasa lalu.

Halaman

(ara/ara)