Harga Nikel Melesat, Saham TINS Ikut Menguat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 14 Jan 2021 22:10 WIB
pt timah
Foto: dok. PT Timah
Jakarta -

Harga saham perusahaan nikel PT Timah Tbk alias TINS tak henti-hentinya melesat. Bahkan, hingga menyentuh ke level Rp 2.340/saham atau naik sekitar 21,56%.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Kamis (14/1/2021) melesatnya saham TINS disebabkan oleh menguatnya harga nikel hingga saat ini.

Selama sepekan terakhir, saham TINS terpantau terus menguat hingga 28,37% dan selama 3 bulan terakhir, saham TINS telah melesat hingga 242,65%.

Nilai transaksi saham TINS hari ini saja mencapai Rp 1,4 triliun dengan volume yang diperdagangkan sebanyak 632,8 miliar.

Namun kali ini bukan asing yang memborong, melainkan investor domestik hingga mencapai 47,4%. Investor asing melakukan net sell di saham TINS sebesar Rp 26 miliar di pasar reguler.

Nikel sendiri merupakan salah satu logam hasil tambang yang digunakan untuk berbagai keperluan. Di pasar dikenal ada dua jenis nikel yaitu nikel kelas I dan kelas II.

Nikel kelas II banyak digunakan untuk pembuatan stainless steel, sementara kelas I digunakan untuk produk lain seperti komponen baterai mobil listrik.

Sentimen makin maraknya penggunaan mobil listrik dan tren penjualan mobil listrik yang meningkat membuat harga nikel mengalami kenaikan yang pesat. Hal ini pun memicu saham TINS terus menguat.

Untuk memahami lebih dalam soal kinerja dan fundamental kondisi keuangan TINS, KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

(dna/dna)