Tips Lengkap Main Saham, Ini yang Harus Dipahami

Vadhia Lidyana - detikFinance
Minggu, 17 Jan 2021 09:37 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Investasi saham kini menjadi tren di kalangan muda, terutama yang aktif di media sosial. Tren main saham itu juga dipicu oleh para influencer yang giat memberikan rekomendasi saham.

Di sisi lain, untuk memulai berinvestasi saham juga semakin mudah dengan adanya layanan online. Mulai dari membuka rekening dana nasabah (RDN) atau juga biasa disebut rekening dana investor (RDI) bisa dilakukan secara daring.

Lalu, bagaimana cara bermain saham untuk pemula? Apa saja yang harus dilakukan?

Nah, sebelum memulai langkah-langkah berinvestasi saham, ada beberapa hal yang harus dipahami.

Pertama ialah pengetahuan tentang saham itu sendiri.

"Sekarang kita membeli saham itu kita harus memahami kita membeli perusahaan. Jadi bukan saham saja. Dan saham itu bukan angka-angka saja, bukan harga-harga, tetapi perusahaan," kata Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee kepada detikcom, Sabtu (16/1/2021).

Dihubungi secara terpisah, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina juga mengatakan hal serupa.

"Yang paling pertama harus dilakukan jika ingin mulai berinvestasi saham adalah investasi ilmu. Belajar dahulu pengetahuan dasar tentang pasar modal melalui kelas edukasi seperti Sekolah Pasar Modal (SPM) yang juga sering MNC Sekuritas selenggarakan secara gratis dan online," kata Susy.

Kedua, siapkan dana untuk berinvestasi. Kembali ke Hans, ia menegaskan dana untuk berinvestasi sebaiknya adalah dana yang tidak dipakai untuk kebutuhan penting.

"Sebaiknya investasi itu memakai dana lebih. Jadi dana yang benar-benar tidak untuk dipakai untuk hal-hal yang lain dan tidak dibutuhkan dalam waktu dekat. Kalau uangnya dibutuhkan untuk berobat, beli rumah, atau pernikahan, atau sesuatu yang mendesak jangan digunakan untuk investasi," kata Hans.