Saham Apa yang Cuan di Tahun Kerbau Logam? Ini Jawabannya

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 28 Jan 2021 12:14 WIB
Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021) gegara Raffi Ahmad dan Ari Lasso mempromosikannya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Tahun ini adalah tahun kerbau logam. Bagaimana unsur dalam shio Tionghoa ini mempengaruhi pergerakan saham?

Dikutip dari CLSA Feng Shui Index 2021, Kamis (28/1/2021), shio kerbau logam melambangkan bakal ada harapan yang lebih baik untuk tahun ini.

Sebab, bila ditarik ke belakang, shio Kerbau pernah menunjukkan tanduknya terakhir kali pada tahun 2009, tepat setelah terjadinya Krisis Keuangan Global. Kali ini, shio itu muncul lagi tepat saat dunia menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19. Diharapkan kehadirannya tahun ini akan menarik dunia keluar dari keterpurukan.

Shio Kerbau Logam dikenal karena kekuatan dan keagungan mereka. Shio ini adalah pengatur yang hebat, dan dengan mudah dapat mengontrol aliran air dan modal. Ini adalah tahun terakhir air mengalir melalui alam semesta Feng Shui sebelum bumi mengeringkannya.

Artinya, bakal ada uang atau keuntungan yang bisa dihasilkan sepanjang tahun ini, akan tetapi jangan mudah tergoda dengan investasi yang belum jelas.

Tahun ini akan membawa beberapa kemunduran, tetapi gelombang seperti itu akan berlalu dengan cepat. Shio Ayam, Ular dan Monyet akan menjadi yang paling mujur dan beruntung sepanjang tahun ini.

Selain itu, shio Tikus, Kelinci, Anjing dan Babi bersama dengan Kerbau, juga dimungkinkan mendapat keberuntungan serupa. Akan tetapi, untuk shio Naga dan Kuda harus lebih hati-hati, mereka harus bisa menjaga cakar dan kukunya agar tetap kering. Apalagi untuk shio Macan dan Kambing harus bekerja keras untuk tetap bertahan.

Peruntungan Saham di 2021

Dalam filosofi China, ada 5 elemen yang menjadi kerangka dasar untuk memahami kehidupan manusia. Elemen yang dimaksud adalah elemen kayu, api, tanah, logam, dan air.

Seorang ahli Feng Shui akan menilai kekuatan relatif dari setiap elemen itu pada waktu tertentu. CLSA menerapkan teori Feng Shui ini ke pasar modal dengan menetapkan sektor tertentu ke setiap elemen.

Portofolio bekerja paling baik ketika memiliki bobot yang sama dengan elemen-elemennya, sehingga investor dapat menyesuaikan portofolionya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Ingat, kayu menjadi bahan bakar api, api membuat bumi, logam berasal dari bumi dan menghasilkan air, bahan dasar kehidupan.

Berlanjut ke halaman berikutnya.